First Media Perluas Jangkauan 2 Kali Lipat

Ruang Back-End di Kantor Pusat First Media
Sumber :

VIVAnews - PT First Media Tbk (First Media) tahun lalu secara total berhasil merengkuh 270 ribu pelanggan, termasuk dari layanan TV kabel dan Internet (FastNet). Tahun ini, perseroan menargetkan total pelanggannya menjadi 460 ribu pelanggan.

Untuk mendapatkan 190 ribu pelanggan baru, First Media berencana ekspansi layanan di beberapa kota, termasuk Jakarta dan Surabaya. Saat ini, jangkauan layanan First Media meliputi  Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, total mencapai 500.000 home pass. Sedangkan di Surabaya sekitar 25.000 home pass.

Adzan Berkumandang di Jalur Gaza, Warga Palestina Rayakan Lebaran Diwarnai Bom dan Rumah Runtuh

Istilah home pass yang dimaksudkan First Media adalah jumlah rumah yang telah dilalui kabel layanan TV kabel maupun Internet broadband-nya.

"Tahun ini, kami berencana memperluas jangkauan kami menjadi satu juta home pass," ujar Dedy Handoko, Product Development & Marketing First Media, beberapa waktu lalu di Jakarta, Selasa 20 April 2010. Sayang, dia tidak bersedia memaparkan jumlah investasi yang dialokasikan perusahaan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Di Indonesia, First Media baru menyediakan dua layanan, yakni TV kabel dan FastNet, di tiga wilayah, meliputi Jatabek (Jakarta, Tangerang, Bekasi), Surabaya, dan Pulau Bali.

"Di Bali, segmen pasarnya sedikit berbeda. Kebanyakan adalah pelanggan korporat, seperti hotel, cottage, dan semacamnya. Karena Bali cukup kuat di sektor pariwisata, otomatis segmen korporat menyumbang kontribusi lebih besar," terang Rara Wilis, Division Head of Marketing Communication & PR First Media pada kesempatan yang sama.

Untuk segmen pelanggan retail, dia menambahkan, First Media tetap mengandalkan paket combonya, termasuk layanan TV kabel dan FastNet. "Kekuatan kami di situ. Dalam satu kabel optik, kami menawarkan dua produk sekaligus, dan dengan harga yang terjangkau," jelasnya.

Namun, jika dibagi per kelas, segmen menengah ke atas (A-B) masih menjadi sasaran pasar First Media tahun ini. "Potensinya masih yang terbesar. Segmen C memang sudah masuk dalam rencana, tapi tunggu perluasan infrastruktur," papar Rara.

Adapun salah satu strategi perseroan untuk mengakuisisi pelanggan baru adalah dengan menggencarkan program-program promo dengan harga kompetitif. Misalnya, Paket D'Lite.

Paket promosi ini menawarkan akses Internet pita lebar (broadband) dengan kecepatan 512 Kbps, lengkap dengan layanan televisi kabel dengan harga Rp 225 ribu.

Ilustrasi jaringan internet.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk berbagi foto Lebaran tanpa harus bergantung pada koneksi internet. Bagi pengguna iPhone, ada fitur Airdrop.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024