Amankah Transaksi Via Seluler di Indonesia?

Google Wallet, sistem pembayaran dengan ponsel Android.
Sumber :
  • gearlive.com

VIVAnews - Perkembangan teknologi mobile, menjadikan smartphone Anda kini mulai berperan menggantikan dompet, dengan sistem pembayaran elektronik.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Pembayaran via seluler tidak hanya bisa dilakukan di Amerika Serikat, dengan menggunakan e-payment ala Google Wallet atau Square. Di Indonesia, provider seluler Telkomsel mengembangkan fitur T-Cash sebagai pembayaran melalui seluler.

Namun, amankah pembayaran dengan cara baru ini?

Head of Corporate Communications Division Telkomsel, Ricardo Indra, menjamin sistem pembayaran melalui T-Cash. Sebab, fitur ini telah lulus uji sertifikasi. "Telkomsel telah lulus uji sertifikasi dari Bank Indonesia pada tahun 2007 untuk menjalankan bisnis e-money,” kata Indra, dalam keterangan tertulisnya.

Indra kemudian menjelaskan, aktivasi T-Cash bisa dilakukan pengguna Telkomsel dengan mengakses *828# dari ponsel. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan PIN T-Cash berupa enam digit angka, yang akan digunakan saat transaksi.

Pelanggan kemudian bisa melakukan pengisian di layanan GraPARI, GeraiHALO, dan sejumlah tempat yang menjalin kerja sama dengan Telkomsel. Tak hanya itu, pengguna Telkomsel juga bisa melakukan pengambilan uang tunai (cash out) di sejumlah lokasi yang ditunjuk, hingga Rp 1 juta.

Telkomsel mengklaim, saat ini T-Cash telah digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel juga telah bekerjasama dengan lebih dari 530 merchant dengan total terminal sebanyak 32.737 di seluruh Indonesia. (umi)

Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024