VIDEO: Sukses, Uji Coba Pesawat Virgin Galactic

Ilustrasi Pesawat Virgin Galactic
Sumber :
  • Spaceport America
VIVAnews -
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Tak lama lagi, perjalanan wisata ke ruang angkasa bukan lagi sekadar isapan jempol belaka. Kemarin, Senin 29 April 2013 waktu setempat, perusahaan wisata ruang angkasa, Virgin Galactic, sukses melakukan uji coba penerbangan pesawat ruang angkasa komersialnya, SpaceShipTwo.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Space
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
melansir, Selasa 30 April 2013, uji coba SpaceShipTwo dilakukan di Mojave Air dan Space Port di Mojave, California, AS. Pengujian ini dilakukan untuk melihat apakah roket hibrida yang dipasang di SpaceShipTwo berhasil ditembakkan ke angkasa.

Sebagaimana diketahui, SpaceShipTwo dirancang menggunakan motor roket listrik untuk peluncurannya. Pesawat ini dapat membawa enam penumpang dan dua orang pilot. Keberhasilan peluncurannya merupakan tonggak sejarah baru dalam pembuatan pesawat ruang angkasa komersial.


Setelah pembakaran pendek selama 16 detik, SpaceShipTwo langsung melesat ke ketinggian maksimum 56.000 kaki, setara 17 kilometer, sebelum terbang kembali ke Bumi. Kecepatannya diperkirakan melebihi kecepatan suara, yaitu 1.224 km per jam.


"Hari ini, 29 April 2013, menjadi hari yang bersejarah. Kami telah melakukan uji coba ini dengan sukses," kata Sir Richard Branson, pendiri Virgin Galactic sekaligus miliarder asal Inggris.


Ia menjelaskan, tujuan utama dari penerbangan pertama ini adalah untuk melihat apakah sistem roket pesawat bekerja dengan aman. "Seperti dalam pengapian roket, mematikan roket, dan kontrol aerodinamisnya," jelas Branson.


Pesawat ini menggunakan teknologi motor roket hibrida 101. Motor roket hibrida menawarkan kemudahan dan keamanan dalam penggunaannya.


"Pilot pesawat dapat mematikan motor roket hibrida setiap saat dalam sebuah misi. Kemudian pilot akan menyalakan lagi untuk melakukan perjalanan pulang," tutur Branson.


Kesuksesan uji coba penerbangan pesawat SpaceShipTwo, menunjukkan bahwa tak lama lagi mimpi untuk melakukan perjalanan wisata ke ruang angkasa menjadi kenyataan.


Menurut situs Virgin Galactic, untuk merasakan terbang dengan SpaceShipTwo Anda harus membayar setidaknya Rp1,9 miliar. Tertarik untuk menembus atmosfer dan bertamasya ke ruang angkasa?


Ada baiknya Anda melihat cuplikan video uji coba Virgin Galactic berikut ini terlebih dulu:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya