Ditemukan, Gunung di Bawah Laut Bengkulu

Gunung laut di Barat Bengkulu dalam tampilan Bathimetri 3D
Sumber :
  • BPPT
VIVAnews -
Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Kelautan mengkofirmasi adanya gunung bawah laut di barat daya Bengkulu. Tapi, sampai saat ini, belum diketahui apakah itu berjenis gunung berapi atau tidak.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

"Gunung bawah laut berada di kedalaman 5.000 meter dan puncaknya berada di 1.300 meter di bawah permukaan air laut. Jadi, tingginya mencapai 3.700 meter, atau lebih tinggi dari Gunung Semeru," kata Wahyu W Pandoe, Kepala Program Operasional Ocean Climate dan Tsunami Buoy, BPPT, Jakarta, 16 September 2013.
Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan


Wahyu menambahkan, di daerah barat Bengkulu memang terdapat gunung di bawah laut, tapi peneliti belum mengetahui apakah itu gunung berapi aktif atau bukan.


"Perlu analisis lebih mendalam lagi untuk mengetahui apakah gunung itu termasuk gunung berapi atau tidak. Misalnya, dengan menganalisis batuan gunung, air, sendimen, dan lainnya," ujar Wahyu.


Temuan gunung bawah laut ini berkat hasil pemetaan batimetri —pemetaan kedalaman bawah laut untuk menghasilkan topografi bawah laut— oleh Kapal Baruna Jaya III pada 5-15 Oktober 2010 di Samudera Hindia, khususnya perairan sebelah Barat Bengkulu.


Selanjutnya, dilakukan pemetaan lanjutan oleh kapal Baruna Jaya IV pada 14-24 Desember 2010. Hasilnya gunung bawah laut berhasil dipetakan mulai dari kedalaman 5.000 meter sebagai dasar gunung, dan puncaknya berada di 1.300 meter di bawah permukaan air.


Dua puncak


Sementara menurut Dwi Haryanto, Staf Survei Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT, dari hasil pemetaan batimetri diperoleh gambar tubuh gunung. Selain itu, pada bagian barat gunung juga terdapat bukit-bukit.


"Gunung bawah laut ini memiliki dua puncak. Puncak pertama ada di selatan berada di 1.300 meter di bawah permukaan air laut. Sedangkan puncak kedua berada di utara dengan posisi 1.400 meter di bawah permukaan air laut," kata Dwi.


Dia menyimpulkan, memang ada bentuk gunung bawah laut di sebelah barat Bengkulu dan perlu survei lanjutan yang lebih detail untuk mengetahui apakah itu gunung berapi atau tidak.


"Kami menyarankan agar segera dilakukan penelitian lanjutan dan pemberian nama untuk gunung tersebut," tutup Dwi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya