Dell Jual Ponsel Android di Cina

VIVAnews - Dell hari ini mengumumkan rencananya untuk menjual ponsel di China. Seperti dikutip dari situs PCWorld, saat ini perusahaan yang bermarkas du Round Rock Texas itu, kini tengah bekerja sama dengan operator besar China Mobile untuk membuat ponsel tersebut.

Dell tak bersedia untuk memaparkan detil ponsel yang akan dijualnya. Namun, rumor yang berkembang, ponsel ini bakal berjalan di atas sistem operasi terbuka yang didukung Google, yakni Android.

Menurut sebuah situs berbahasa China, Mobile.163.com, ponsel ini bakal diberi nama Dell Mini 3i. Ponsel ini kurang lebih seukuran dengan iPhone 3GS, dengan layar yang besarnya 3,5 inchi.

Ia memiliki resolusi yang lebih tinggi, yakni 360 x 640 piksel (iPhone 3GS cuma 320 x 480 piksel). Selebihnya ia juga memiliki kamera yang sama  dengan iPhone, yakni 3 megapiksel. Ia juga dilengkapi dengan slot mikro SD yang berkapasitas 8 GB ke atas.

Sayangnya, ponsel ini tak akan mendukung jaringan nirkabel pita lebar, baik 3G maupun WiFi. Pemerintah China memang melarang koneksi WiFi pada ponsel. Sementara di China, jaringan 3G juga tidak tersebar luas.

Seperti dilansir Wall Street Journal, juru bicara China Mobile mengatakan bahwa Mini 3i akan mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di toko aplikasi milik China Mobile, yang bernama Mobile Market. Mobile Market menyediakan unduhan musik, games, dan program-program lainnya untuk ponsel.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Ini bukan pertama kalinya Dell membesut sebuah ponsel. Pada 2002, Dell menjual PDA bernama Dell Axim. Namun produksinya dihentikan pada 2007, karena tidak laku. Tak hanya Dell, beberapa vendor komputer lainnya seperti Hewlett-Packard, Acer, dan Asus, juga telah masuk ke pasar ponsel PDA.

Namun, banyak pengamat meragukan kesuksesan strategi bisnis Dell lewat ponsel anyarnya ini. Pasalnya, dengan spek yang disandangnya, Dell Mini 3i akan sulit bersaing dengan iPhone maupun perangkat-perangkat BlackBerry.

Setidaknya, pemilihan China sebagai target pasar, merupakan jalan pintas Dell untuk bisa menjual ponselnya dalam jumlah besar. Hingga 2008, China Mobile memiliki sekitar 450 juta pelanggan atau 1,5 kali lebih besar dari total jumlah penduduk Amerika Serikat.

"Sambil tutup mata, seharusnya Dell bisa menjual paling tidak lima juta unit ponselnya di sana," ujar Ed Zander, bekas CEO Motorola, dikutip dari BusinessWeek.

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024