Layanan Penyingkat URL

Ikuti Google, YouTube Bikin Penyingkat URL

VIVAnews - YouTube akhirnya meluncurkan layanan untuk mempersingkat alamat URL untuk link-link videonya. Inisiatif anak perusahaan Google ini bisa jadi berita buruk bagi penyedia layanan serupa sebelumnya, seperti bit.ly atau TinyURL, yang sedikit banyak trafiknya disumbangkan oleh video-video YouTube.

Dalam blog resminya, Vijay Karunamurthy, Engineering Manager Google mengumumkan keberadaan youtu.be sebagai pemendek alamat URL seluruh video YouTube, dan hanya link video YouTube.

“Jadi, Anda yakin bahwa ketika Anda disuguhkan link dengan URL tersebut, Anda memang sedang membuka link video YouTube,” kata Karunamurthy, seperti VIVAnews kutip, 28 Desember 2009.

“Karena link memiliki ID dari video yang akan Anda lihat, para pengembang atau penyedia juga dapat menyuguhkan dalam bentuk thumbnail, embed video langsung, atau melacak video yang tersebar secara real time,” ucap Karunamurthy.

Selain itu, jika pengguna menggunakan AutoShare, yang mana menghubungkan akun Youtube ke Twitter, Facebook, dan Google Reader, maka kalau sewaktu-waktu pengguna menjadikan salah satu video menjadi Favourite Video, jejaring sosial tersebut akan menyajikan link dalam bentuk youtu.be secara otomatis.

Baru-baru ini, layanan untuk mempersingkat alamat URL sejenis bit.ly atau TinyURL menuai kritik banyak pihak karena sering dimanfaatkan sebagai fasilitas hacking atau 'phising' melalui situs-situs jejaring sosial. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan Google untuk menyediakan layanan mempersingkat alamat URL khusus YouTube.

Padahal, Google sendiri baru-baru ini menghadirkan layanan penyingkat URL-nya sendiri.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024