TEKNOLOGI

Kalau Tak Mencemarkan, Somasi Tidak Perlu

Sony AK punya hak atas namanya. Motifnya membuat domain itu untuk identitas personal.

ddd
Senin, 15 Maret 2010, 17:37 Muhammad Firman, Muhammad Chandrataruna
Situs web milik Sony Arianto Kurniawan (Sony-AK)
Situs web milik Sony Arianto Kurniawan (Sony-AK) (sony-ak.com)

VIVAnews - Perusahaan elektronik raksasa Sony menuntut blogger Indonesia bernama Sony untuk melepas domain blog-nya. Dari sudut pandang Hak atas Kekayaan Intelektual, kasus somasi yang dilakukan Sony Corporation, memang bisa masuk ke domain merek.

Keterangan tersebut diungkapkan oleh Dr Ir Andy Someng, Direktur Jendral HKI Kementerian Hukum dan HAM pada VIVAnews di Jakarta, 15 Maret 2010.

Berhubung ada di region domain merek, kata Andy, kalau memang terjadi dispute (perselisihan), sebenarnya ada juga acuannya. “Acuan tersebut adalah World Intellectual Property Organization (WIPO),” kata Andy. Dalam badan ini, kata Andy, dibentuk kebijakan yang namanya Uniform Domain Name Dispute Resolution Policy.

“Di dalamnya disebutkan ada tiga kriteria pelanggaran. Pertama, identical atau confusing list similar, merk yang mirip dan membuat bingung, seperti kasus Sony Corp dan Sony AK sekarang ini. Namanya identik,” kata Andy.

Kedua, kata Andy, adalah right atau legitimate interest. “Sony AK itu punya hak atas namanya sendiri. Motifnya membuat domain itu untuk identitas personal. Jadi, saya kira Sony AK cukup kuat,” ucapnya.

“Ketiga adalah bad faith. Kalau Sony AK membuat domain dengan i'tikad tidak baik, maka baru bisa disebut pelanggaran,” kata Andy. “Ini kan tidak sama sekali. Biasanya, poin ini ditujukan pada mereka yang sengaja memblok domain tersebut untuk dijual mahal di kemudian hari, atau istilahnya booking duluan,” ucapnya.

Artinya, Andy menyebutkan, seharusnya kuasa hukum Sony Corp mempelajari semua ini dulu, kemudian membicarakannya kepada Sony AK secara baik-baik. “Kalau tidak ada niat mencemarkan, seharunya somasi itu tidak perlu. Ketahui dulu apa niat Sony AK membuat domain itu,” ucapnya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com