2010, 25 Persen Ponsel Akan Dilengkapi Wi-Fi

VIVAnews - Lima tahun lalu, Wi-Fi  merupakan teknologi yang kurang dianggap penting untuk ponsel. Bahkan saat ini, sebagian besar ponsel yang beredar juga tidak mendukung konektifitas wireless LAN sama-sekali.

Meski demikian, dalam dua tahun ke depan, ini akan berubah. Teknologi Wi-Fi diperkirakan akan digunakan setidaknya pada satu dari empat ponsel yang beredar di pasar. Gunanya tentu adalah untuk mengakses internet tanpa bantuan layanan operator seluler.

“Ada tiga kawasan utama handset berbasis Wi-Fi yakni di rumah, di kantor, dan di perjalanan,” kata Frank Dickson, analis dari In-Stat, seperti VIVAnews kutip dari XbitLabs, 29 Maret 2010. “Di rumah, di saat penetrasi broadband meningkat, Wi-Fi juga meningkat. Perangkat di rumah kini dapat saling terhubung satu sama lain secara nirkabel,” ucapnya.

Menurut catatan In-Stat, perusahaan pengamat pasar teknologi, ponsel dengan Wi-Fi terus tumbuh di 2009 lalu meskipun secara total, penjualan ponsel mengalami penurunan.

Jika di tahun tersebut pertumbuhan ponsel Wi-Fi hanya 20 persen, jauh lebih rendah bila dibandingkan tahun 2008. Meski demikian, pada tahun 2010 In-Stat memperkirakan bahwa penjualan ponsel Wi-Fi akan mencapai 180 juta unit.

Meski sebagian besar ponsel dengan Wi-Fi adalah smartphone, produsen ponsel akan mulai menyediakan fitur ini pada ponsel konvensional. Di tahun 2013, fitur Wi-Fi sendiri akan naik nyaris tiga kali lipat dibandingkan tahun 2009. Adapun di tahun 2012, diperkirakan 25 persen ponsel yang beredar di seluruh dunia akan memiliki kontroler wireless LAN.

Dari sisi pengguna, kalau sebelumnya pengguna korporasi merupakan target market smartphone dengan Wi-Fi, dari segmen konsumer, adopsinya juga semakin tinggi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024