Skema Khusus Microsoft untuk Warnet

Microsoft memberikan skema khusus bagi warung internet (warnet), untuk meringankan biaya lisensi piranti lunak Microsoft di komputer PC. Sebagai pilot project, Microsoft menggandeng jaringan warnet Multiplus, yang memiliki sekitar 140 gerai di 30 kota di Indonesia.

"Melalui program ini Microsoft memberikan dukungan terhadap warnet di Indonesia dengan lisensi yang lebih terjangkau, ditambah program E-learning yang bisa menjadi model bisnis baru bagi warnet-warnet," ujar Tony Chen, Presiden Direktur Microsoft, yang hadir pada peluncuran program ini, di Restauran Beautika Hang Lekir Kebayoran, Jakarta, Kamis 11 Desember 2008 siang. 

Yang dimaksud Tony dengan program E-learning adalah program belajar jarak jauh yang disediakan Microsoft untuk meningkatkan kemampuan para pengunjung warnet dalam penguasaan beberapa aplikasi buatan Microsoft.

Dalam program bertajuk Microsoft E-Learning Course (MELC) itu, pengunjung warnet bisa mengikuti 16 jenis modul kursus singkat tentang Microsoft Windows Vista, Windows XP, Office 2007, Outlook 2007, dan mendapat sertifikasi resmi dari Microsoft.

Modul tersebut dapat diikuti dari warnet dengan biaya sebesar Rp 165 ribu, lebih murah ketimbang mengambil program langsung dari Microsoft, seharga Rp 275 ribu. Secara teoritis, modul ini bisa diselesaikan selama 12 jam - 20 jam.

Adapun skema khusus yang ditawarkan kepada warnet, adalah keleluasaan untuk mencicil software-software lisensi yang diperlukan oleh warnet, selama jangka waktu 2 tahun.

Skema tersebut, menurut Hariono Ginoto, President warnet Multiplus, sangat membantu pengusaha warnet untuk mengadopsi software legal dari Microsoft. Pasalnya, hal itu akan memindahkan belanja software sebagai biaya investasi, menjadi biaya operasional.

"Yang menarik dari program ini bukan hanya dari skemanya, melainkan juga dari program e-learning yang ditawarkan," ujar Hariono, yang jaringan warnetnya menggunakan tak kurang dari 3000 komputer PC di seluruh gerai di Indonesia. 

Sebab, kata Hariono, program-program Microsoft yang diajarkan dalam modul merupakan program penting bagi masyarakat, sehingga telah menjadi kurikulum yang diajarkan di bangku sekolah.  

Tony Chen berharap, pilot program bersama Mulitplus akan diikuti oleh warnet-warnet lainnya. Menurut data Asosiasi Warung Internet Indonesia (AWARI), ada sekitar 12 ribu warnet di Indonesia. 

Sekitar 2900 warung Internet di Indonesia, menurut Bonnie Mamanua, Business Development Manager Business Marketing Organizations Microsoft Indonesia, telah meneken perjanjian Microsoft SOftware Rental Agreement untuk menggunakan software legal.

Namun, menurut Ketua Umum AWARI, M Irwin Day, tak semua warung internet di bawah asosiasinya akan lantas mengikuti program ini. Pasalnya, sekitar 600 warnet di bawah AWARI dikelola oleh beragam skala pengusaha internet.

Kebanyakan pengusaha warnet, kata Irwin, menganggarkan biaya software di urutan belakang. Sehingga bila menjalankan program ini akan merusak cash flow bisnis mereka. "AWARI akan menyasar pengusaha-pengusaha tertentu dan menawarkannya kepada pengusaha-pengusaha warnet yang berminat," ujarnya. 

Namun demikian, menurut Irwin, biasanya program seperti ini tak bisa cepat dilakukan para pengusaha warnet AWARI. "Program yang kami jalankan biasanya memerlukan waktu, namun perkembangannya akan selalu terjaga."

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024