Facebook, Perusahaan Terfavorit untuk Bekerja

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Facebook mengambil alih posisi Google sebagai perusahaan teknologi terbaik untuk bekerja. Perusahaan situs jejaring sosial asal Palo Alto, California tersebut meraih penghargaan dari Business Insider yang meriset pendapat karyawan perusahaan-perusahaan IT.

Karyawan Facebook melaporkan, perusahaan itu memang tidak memberikan kemewahan seperti perusahaan Silicon Valley lainnya seperti hidangan lezat ataupun kantor yang dilengkapi berbagai fasilitas hiburan. Akan tetapi Facebook menarik karena kebebasan yang diberikan perusahaan pada karyawan.

Tidak ada politik kantor, sedikit manajer kelas menengah yang menyebalkan, dan peluang untuk bekerja di divisi yang berbeda menjadi nilai plus bagi karyawan. Perusahaan itu juga dikenal memiliki ‘boot camp’ untuk mempercepat karyawan baru dalam beradaptasi dengan perusahaan.

“Karyawan di sini sangat cerdas tetapi rendah hati, membuat lingkungan kerja menjadi sangat mendukung untuk mengembangkan hal-hal baru,” sebut seorang karyawan yang disurvey, seperti dikutip dari AllFacebook, 5 Agustus 2010.

“Proses manajemen juga sangat bagus, tidak banyak campur tangan. Banyak kebebasan yang diberikan pada karyawan untuk mengerjakan hal yang menarik bagi mereka dan membuat keputusan penting. Manajemen juga memberikan banyak kepercayaan dan tanggungjawab,” sebut karyawan lain.

Pada survey yang dilakukan tahun sebelumnya, Facebook hanya mendapat gelar ‘Honorable Mention’ karena tidak memiliki responden yang cukup yang melaporkan seputar perusahaan dan bagaimana sikap eksekutifnya.

Google yang tahun ini berada di peringkat kedua memang menikmati fasilitas kantor yang mewah. Akan tetapi karyawan melaporkan bahwa mereka frustasi dengan manajemen menengah di perusahaan itu.

Meski demikian, untuk survey yang mengomentari tingkat kepuasan karyawan terhadap pucuk pimpinan, Google masih lebih baik dibanding Facebook. Sebanyak 97 persen karyawan Google puas dengan kinerja Eric Schmidt, Chief Executive Officer Google, sementara hanya 92 persen karyawan yang menyatakan Mark Zuckerberg bekerja dengan baik.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?
Ilustrasi pengusaha.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,25 persen. Apindo ungkap tantangan yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024