Piala Dunia Usai, Spammer Incar Cricket

Serangan Spam
Sumber :
  • Corbis.com

VIVAnews - Menurut laporan Symantec Messaging and Web Security, Agustus 2010, terungkap bahwa setelah pergelaran akbar sepak bola, Piala Dunia 2010 berakhir, spammer dan scammer kini mengejar kejuaraan dunia cricket.

Kejuaraan Dunia Cricket, ICC 2011 akan dilangsungkan mulai 17 Februari 2011. Dan menjelang perhelatan tersebut, muncul sejumlah situs phising yang mempromosikan turnamen yang bersangkutan.

"Salah satu situs phising meniru situs jaringan sosial populer dan memiliki satu logo merek yang berisi beberapa karya seni," kata juru bicara Symantec pada keterangannya, Senin 30 Agustus 2010. "Saat logo diklik, informasi yang berkaitan dengan event diperlihatkan."

Selain itu, di bawah logo adalah ikon para sponsor dan kanal olah raga di India yang akan menayangkan kejuaraan. Jadwal pertandingan-pertandingan telah dicantumkan dan tiket sudah bisa dibeli sejak 1 Juni 2010.

"Situs phising mengklaim pengguna bisa mendapatkan tiket pertandingan dengan memasukkan kredensial login," tutur Symantec. "Jika para penipu sukses dengan umpan ini, pengguna akan memberikan kredensial mereka dengan harapan bisa mendapatkan tiket ke Kejuaraan Dunia Cricket tersebut."

Pengguna yang awam mungkin tidak akan mencurigai situs yang dihost di domain web hosting gratis. "Pasalnya, URL-nya mengandung kata-kata yang menyatakan bahwa  konten berhubungan dengan Kejuaraan Dunia Crickett," ujar Symantec.

Yang menarik, Paul si Gurita yang jadi terkenal setelah berhasil menebak pemenang dalam sejumlah pertandingan di Piala Dunia 2010 juga tak luput dari spammer. "Mereka menggunakan Paul dan mengirimkan spam seputar keahlian mereka dalam meramal pertandingan," tulis Symantec pada laporannya. (art)

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Kepada Yasushi  Masaki, Ida Fauziyah berharap terus memperkuat hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024