TEKNOLOGI

Ditemukan, Planet Mirip Bumi yang Layak Huni

Ia memiliki suhu panas yang memungkinkan manusia untuk berjemur di siang hari.

ddd
Kamis, 30 September 2010, 08:35 Ismoko Widjaya
Planet Bumi
Planet Bumi (ohmygov.net)

VIVAnews - Hasil pengamatan observatorium MW Keck di Hawaii, Amerika Serikat, selama 11 tahun membuahkan hasil. Para ilmuwan menemukan sebuah planet yang paling mirip dengan Bumi. Planet itulah kemungkinan bisa dihuni manusia.

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, 29 September 2010, sebuah tim 'pemburu planet' menamai planet yang paling mirip dengan Bumi itu dengan nama Gliese 581g.

Planet yang ukurannya hampir sama dengan Bumi itu mengorbit dan berada di tengah 'zona huni perbintangan'. Peneliti juga menemukan zat cair dapat eksis di permukaan planet itu.

Ini akan menjadi planet paling mirip Bumi yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Ini juga merupakan planet pertama yang paling berpotensi dihuni manusia.

"Temuan kami ini sangat menarik dan menawarkan kemungkinan bahwa planet ini berpotensi untuk dihuni," kata Profesor Steven Vogt di University of California.

Sebelumnya, Badan Antariksa AS (NASA) juga menemukan planet mirip bumi, Kepler 9.

Gliese 581g ditemukan berdasarkan observasi yang dilakukan menggunakan teknik tercanggih yang dikombinasikan dengan teleskop 'kuno'.  

Yang paling menarik dari dua planet Gliese 581g adalah, dia memiliki massa tiga sampai empat kali dari Bumi dan periode orbit hanya di bawah 37 hari. Volume massa itu menunjukkan bahwa planet itu kemungkinan merupakan planet berbatu dengan permukaan tertentu. Itu juga menunjukkan bahwa planet itu memiliki gravitasi yang cukup.

Gliese 581g terletak dengan jarak 20 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya berada di konstelasi Libra. Posisi planet ini, satu sisi selalu menghadap bintang dan memiliki suhu panas yang memungkinkan manusia untuk berjemur secara terus-menerus di siang hari. Di bagian samping yang menghadap jauh dari bintang, berada dalam kegelapan yang terus-menerus.

Para peneliti memperkirakan rata-rata suhu permukaan planet ini antara -24 dan 10 derajat Fahrenheit atau -31 sampai -12 derajat Celsius. Suhunya akan sangat terik saat posisinya menghadap bintang dan bisa terjadi pembekuan saat sedang gelap.

Menurut Profesor Vogt, gravitasi di permukaan planet itu hampir sama atau sedikit lebih tinggi dari Bumi, sehingga orang dapat dengan mudah berjalan tegak di planet ini.

"Faktanya, kami mampu mendeteksi planet ini begitu cepat dan sangat dekat. Ini memiliki arti bahwa planet seperti ini benar-benar berciri umum, seperti Bumi," jelasnya.

Prof Vogt dan Paul Butler, dari Carnegie Institution di Washington, mengatakan temuan-temuan baru tim itu dilaporkan dalam sebuah makalah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Astrophysical. (kd)

Baca juga:

Dituduh Tiduri Pelacur, Beckham Dibela Germo

Misteri Kematian Mendadak 5 Pesohor Saat Bercinta

Para Penguasa Emas Dunia

Kisah Hidup Pelacur Selingkuhan Beckham

Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Besar

Mengapa Yogyakarta Daerah Istimewa



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
ellyus
10/01/2011
wah pasti para koruptor ngumpulin duit untuk eksodus kesana.. naik pesawat ngga balik balik..
Balas   • Laporkan
subrekong
05/01/2011
wah hwbat nanti jam 25.00 gua mau kesana....
Balas   • Laporkan
Alhirullah
03/01/2011
ada satu yang tidak ada di sono : yaitu musim hujan gak ada, jadi bercocok tanam
Balas   • Laporkan
balqis nurdinianty
01/01/2011
wahh berarti kita bisa hijrah kesana dong!tapi takut ahh takut diculik sama alien!hehehehe
Balas   • Laporkan
binbin17
16/11/2010
kalo mirip emg knp??!! apa mau eksodus besar2an kesana?! tlalu muluk2, bawa 100 org ke mars aja udah kepayahan, ini mlh berkhayal tinggi. NGIMPI!! tak usah b'khayal tinggi, kl sudh saatnya kiamat hancur smuanya tuh!
Balas   • Laporkan
mbozo
11/10/2010
klO g da kongo g mau ah tingal dsna, trus klo ad cwek Cntik itu bru aq mau pindah sna,
Balas   • Laporkan
zero
07/10/2010
bagus tuh nanti gue udah lebaran haji pindah ahhhh
Balas   • Laporkan
shemut
07/10/2010
hla kopetttt,,g ad tuh khdupan selain d bumi. planet yg bisa dhuni y cmn bumi doank. kalo riset antariksa cmn bwat nyari khdupan dluar bumi mah cmn buang" duit. mnding alam aj tuh djaga biar tetep lstari. manusia kn cmn dkasi tugas itu dr Allah
Balas   • Laporkan
binbin17 | 16/11/2010 | Laporkan
btul! gw suka opinimu. planet yg bs dhuni cm bumi. kl ad yg lain tu cm bt pengetahuan manusia spy bpikir, betapa besar keagungan Allah. dan myakini bahwa smuanya ada yg mencipta, bkn spti anggapan Hawkin jembut yg blg kl alam semesta tjd dg sendirinya. te
shemut
07/10/2010
??? gmbar nya please
Balas   • Laporkan
zaki
02/10/2010
keren gak tuh! itu bkti ke-Maha Kuasaan DIA. brgkali mgkn benar kita tak sendirian d jagad ini...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com