Aman dari Letusan Merapi? Pakai Aplikasi Ini

Letusan Gunung Merapi pada tahun 2006
Sumber :
  • www.volcanodiscovery.com

VIVAnews - Merapi yang terus menyebarkan material vulkanik ke segenap penjuru dan membuat banyak orang harus lintang-pukang menjauh dari gunung berapi teraktif Indonesia itu. Bila sebelumnya daerah yang aman dari amukan Merapi cuma sekitar 10 km, kini masyarakat harus terus menjauh hingga 20 km. 

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pasokan dan Harga Pangan di Bali Masih Aman

Lalu, apakah lokasi Anda dan keluarga Anda aman?

Untuk mengetahui secara pasti seberapa jauh lokasi Anda dengan kepundan Merapi yang terus 'batuk', Staf Khusus Presiden RI Bidang Bencana dan Bantuan Sosial Andi Arief punya trik khusus. Ia menyarankan agar masyarakat sekitar Merapi menggunakan sebuah aplikasi web khusus di alamat http://students.ukdw.ac.id/~22074214/hitungjarak.php#.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

"Hitung jarak tempat tinggal Anda dari puncak Merapi dengan software ini. Jika kurang dari 20 km, berarti Anda harus mencari lokasi yang lebih jauh, karena zona aman ada di luar radius 20 km,"  tweet Andi Arief di akunnya, @andiariefnew.

Caranya cukup simpel. Aplikasi yang menggunakan teknologi Google Map itu memiliki dua pin penanda lokasi berwarna merah muda. Pin pertama musti diletakkan di titik kawah Merapi (letaknya di Utara kota Yogyakarta). 

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Aplikasi penghitung jarak Gunung Merapi

Kemudian, letakkan pin kedua di lokasi Anda. Maka, kita akan langsung mendapatkan jaraknya di bagian sudut kiri atas peta. Belum diketahui, siapa pembuat aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman PHP ini. 

Tapi, dari alamat webnya, kemungkinan besar aplikasi bermanfaat ini adalah besutan anak-anak mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Yang jelas, bila jarak lokasi Anda kurang dari 20 km dari Gunung Merapi, segeralah mengevakuasi diri. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya