TEKNOLOGI

Ikan ini Makan Bangkai Melalui Kulitnya

Ikan purba Hagfish selalu menyusup ke dalam lubang bangkai yang ditemuinya.

ddd
Jum'at, 4 Maret 2011, 12:21 Indra Darmawan
Ikan Hagfish
Ikan Hagfish (sciblogs.co.nz)

VIVAnews - Ikan Hagfish adalah ikan purba pemakan bangkai yang dipercaya memiliki hubungan dengan mahluk vertebrata tertua yang pernah ada. 

Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara makan yang menjijikkan. Bila ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, ia akan mencari lubang di bangkai itu. Dari lubang itulah kemudian ikan Hagfish makan.

Saat makan pun, ikan Hagfish tak hanya melahap makanan dari mulutnya. Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti, ikan Hagfish ternyata juga makan melalui kulit dan insangnya.

Tak heran bila ikan buta ini berusaha untuk menelusup ke dalam lubang bangkai mahluk yang telah mati. Pasalnya, saat ia bisa masuk ke dalam, ia akan menyerap nutrisi berkonsentrasi tinggi. 

Selama ini, hanya binatang invertebrata (yang tak punya tulang belakang) yang menyerap makanan mereka dari kulit, seperti cacing atau moluska. Namun, tidak ada binatang vertebrata (bertulang belakang) yang bisa melakukannya.

Ikan Hagfish

"Kemampuan lain yang dimiliki mahluk ini selain mengeluarkan kotoran yang tebal dan panjang saat ia diganggu, adalah organ tubuh mirip taring di dekat mulutnya yang berguna untuk mengeksplor lingkungannya," kata Carol Bucking, peneliti dari University of British Columbia dan Bamfield Marine Sciences Center Kanada, seperti dikutip dari situs LiveScience.

Peneliti membuktikan hal itu dengan memberikan dua jenis asam amino yang merupakan blok protein dasar yang dianalogikan sebagai nutrisi yang biasa dijumpai pada bangkai ikan. 

Hasilnya, ikan Hagfish punya mekanisme molekuler pada jaringan kulitnya sehingga mampu memindahkan asam amino tadi ke dalam tubuhnya. Hasil penelitian itu sendiri telah dipublikasikan pada volume terbaru jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences.

Dengan demikian sistem pencernaan ikan Hagfish merepresentasikan sebuah transisi antara sistem yang digunakan oleh hewa invertebrata air lain seperti cacing, dengan vertebrata yang memiliki sistem pencernaan khusus seperti manusia. (umi)

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Prastiwi GI
07/06/2011
The That News sound interesting... Share Other at the news about see world.... :). Like it.
Balas   • Laporkan
sangar
07/06/2011
hahahah... ikan apa molusca i2... kog ga pernah msuk k plajaran biologiku ya...
Balas   • Laporkan
usamah
07/06/2011
hiiiiiiiiii aneh tapi lucuu banget.
Balas   • Laporkan
B2X
07/03/2011
Kalau dari penampakannya sih itu belut. . .
Balas   • Laporkan
gendji
07/03/2011
Keren Ikannya ,tapi saya belum lihat yang aslinya
Balas   • Laporkan
Kupang Tua
06/03/2011
Itu Ikan apa ular ya..??
Balas   • Laporkan
cinta
06/03/2011
ikan aneh yang unik
Balas   • Laporkan
kodier
06/03/2011
Tuh ikan apa belut ya..?
Balas   • Laporkan
bangun767
05/03/2011
I like this hagfish
Balas   • Laporkan
mudja77
05/03/2011
lbh aneh yg comment hahaha........
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com