FOTO: Planet Merkurius dari Jarak 193 Km

Planet Merkurius
Sumber :
  • nasa

VIVAnews - Pesawat Messenger milik badan antariksa NASA berhasil mengorbiti Merkurius. Setelah melakukan manuver yang rumit untuk menghindari gravitasi matahari, pesawat ruang angkasa tak berawak itu sukses masuk ke jalur orbit pada Kamis malam waktu Florida, 17 Maret lalu.

Pesawat bernama Messenger ini menempuh 4,9 miliar mil dengan waktu tempuh enam setengah tahun dari bumi. Pencapaian ini sekaligus menjadikan Merkurius sebagai planet kelima yang berhasil dijamah oleh manusia dalam tata surya kita.

Eric Finnegan, chief engineer Messenger mengatakan, Messenger mengelilingi Merkurius dengan jarak sangat dekat, sekitar 193 kilometer di atas permukaan. "Ini merupakan jarak terdekat dan paling sempurna yang bisa didapat," ujar dia seperti dikutip Associated Press.

Messenger pun mengambil foto-foto permukaan merkurius. Lihat fotonya di sini.

Merkurius sendiri memiliki orbit yang sangat elips. Rentang jaraknya ke matahari sekitar 47 juta kilometer hingga 69 juta kilometer. Merkurius mengorbiti matahari setiap 88 hari bumi. (umi)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024