TEKNOLOGI

Kisah Pendiri WikiLeaks Akan Difilmkan

Film lain tentang Assange dan WikiLeaks juga tengah digodok oleh sejumlah rumah produksi.
Senin, 2 Mei 2011
Oleh : Bonardo Maulana Wahono

VIVAnews - Kisah tentang Julian Assange, sang pendiri WikiLeaks yang menggemparkan itu, akan diabadikan melalui film arahan sutradara Amerika Serikat, Charles Ferguson. Laman New York Times mengabarkan bahwa proyek itu akan bekerja sama dengan HBO Films.

Ferguson tahun ini meraih Oscar atas film dokumenter "Inside Job," yang merekam asal-muasal krisis ekonomi 2008 di AS dan dunia. Pada tahun 2007, para juri Academy Award menominasikan "No End In Sight" sebagai penerima piala di kategori yang sama.

Jika tak ada halangan, biopic Assange itu kelak menjadi karya nondokumenter pertama Ferguson.

Dunia mengenal Assange beberapa waktu lalu ketika situs asuhannya, WikiLeaks, menyiarkan dokumen memo diplomatik AS yang dihimpun dari berbagai benua. Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, termasuk salah satu nama yang disebutkan di antara beberapa dari 251.000 dokumen.

Sang peretas keturunan Australia itu lantas ditangkap di Inggris atas tuduhan pelecehan seksual. Tak hanya itu, Assange yang berambut keperakan pun menjadi bulan-bulanan para penyelidik di AS.

Film lain tentang Assange dan WikiLeaks juga akan digodok oleh sejumlah rumah produksi. Universal menggarap "Enron: The Smartest Guys in the Room", sebuah dokumenter karya Alex Gibney. Annapurna Productions juga siap mendanai film yang kiranya akan ditulis oleh Mark Boal, pemenang Oscar untuk original screenplay dan film terbaik "Hurt Locker" pada tahun 2009.

TERKAIT
    TERPOPULER