TEKNOLOGI

FOTO SATELIT: Lokasi Tewasnya Osama Bin Laden

Lokasi persembunyian Osama tak jauh dari akademi militer.

ddd
Senin, 9 Mei 2011, 07:45 Elin Yunita Kristanti
Osama Bin Laden
Osama Bin Laden (AP Photo/Al-Jazeera)

VIVAnews -- Sejak peristiwa serangan teror ke menara kembar, World Trade Centre (WTC) 11 September 2001, Osama Bin Laden ditetapkan menjadi buron terorisme paling dicari. Sepuluh tahun perburuan bos Al Qaeda itu berakhir di sebuah rumah di Kota Abbotabbad, Pakistan. Minggu 1 Mei 2011, ia tewas ditembak pasukan khusus AS, US Navy Seal.

Foto-foto satelit terbaru yang menunjukkan rumah Osama sekilas mengungkap gambaran yang terjadi pasca operasi -- termasuk hambatan yang dihadapi pasukan penyerbu saat mengarah ke lokasi persembunyiannya.

Gambar tersebut dirilis satelit komersial dan penyedian citra udara, GeoEye. Foto udara menampilkan tak ada kerusakan struktur bangunan, namun bangkai helikopter Navy SEAl yang hancur tertembak bisa terlihat jelas.

Helikopter itu telah menjadi subyek pembicaraan intensif dalam beberapa hari terakhir setelah foto ekornya diedarkan online setelah serangan 40 menit yang menewaskan Osama. Beberapa ahli berspekulasi bahwa itu mungkin helikopter Blackhawk yang dimodifikasi --  yang merupakan bagian dari salah satu rahasia militer AS.

Seorang wartawan militer, David Cenciotti mengatakan pada TechNewsDaily, rahasia militer selalu berkaitan dengan teknologi canggih dan inovatif. Bisa jadi helikopter Blackhawk yang hancur telah dimodifikasi yang dirancang untuk terbang dengan tenang dan menghindari deteksi radar.

Foto Satelit rumah persembunyian Osama

Selain itu, foto satelit juga menunjukkan, lokasi persembunyian Osama dekat dengan pemukiman padat, tidak terpencil seperti perkiraan sebelumnya. Rumah persembunyiannya juga  yang terletak hanya beberapa ratus yard dari akademi militer Pakistan yang prestisius di Abbotabad, tidak jauh dari ibukota Pakistan di Islamabad. (SPACE.com)

Foto satelit rumah Osama dan akademi militer Pakistan



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
abuhilal_hizby
09/05/2011
Hmm.gitu tah
Balas   • Laporkan
cipei
09/05/2011
itu menunjukan tempat paling aman adalah tempat yg berbahaya dan tempat yg berbahaya adalah tempat yg paling aman..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com