TEKNOLOGI

VIDEO: Proses Terbentuknya Bulan

Menurut astronom, tabrakan antara Bumi dan Theia terjadi sekitar 4,53 miliar tahun lalu.

ddd
Sabtu, 28 Mei 2011, 10:29 Muhammad Firman
Giant Impact, teori bagaimana terbentuknya Bulan
Giant Impact, teori bagaimana terbentuknya Bulan (wikipedia.org)

VIVAnews - Teori ‘Giant Impact’ merupakan hipotesa bagaimana proses terbentuknya bulan. Ilmuwan berteori, Bulan terbentuk akibat bergabungnya serpihan-serpihan pecahan Bumi yang ketika itu masih muda bertabrakan dengan benda langit berukuran sebesar planet Mars.

Salah satu bukti yang mendukung hipotesa ini adalah contoh-contoh bebatuan yang diambil para astronot saat mengunjungi Bulan. Dari bebatuan itu, terindikasi bahwa permukaan Bulan sebelumnya berbentuk cair dan kemungkinan, ia memiliki inti kecil dari besi dengan kepadatan yang lebih rendah dibanding Bumi.

Adapun benda langit yang menghantam Bumi disebut sebagai Theia, diambil dari nama dewi bangsa Yunani, yang merupakan ibu dari Selene, dewi Bulan.

Menurut teori Giant Impact, Theia terbentuk bersama dengan planet-planet lainnay di tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Ia mengitari Matahari dalam orbit yang kurang lebih sama dengan Bumi sekitar 60 derajat di depan atau di belakang Bumi.

Stabilitasnya dalam mengitari Bumi kemudian terganggu karena Theia kemudian tumbuh melampaui batas maksimal 10 persen massa planet Bumi. Akibatnya, gaya gravitasi membuat Theia meninggalkan posisi orbitnya dan mendekati Bumi lalu saling bertabrakan.

Menurut para astronom, tabrakan antara Bumi dan Theia terjadi sekitar 4,53 miliar tahun lalu, atau sekitar 30 sampai 50 juta tahun setelah terbentuknya sistem tata surya. Akan tetapi, dari bukti-bukti terakhir, terindikasi bahwa tabrakan itu terjadi lebih lambat, yakni 4,48 tahun lalu. Berikut ini videonya. (Sumber: Channel4.com/YouTube)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
muchtar
04/08/2011
temmpikk singoo!
Balas   • Laporkan
kaka
29/05/2011
bulan jika terbentuk secara alami , maka akan ber-rotasi saat mengelilingi bumi, yang terjadi, bulan hanya menghadapkan 1 sisi saja ke arah bumi, apakah anda yakin bulan terbentuk secara alami..?? atau buatan makhluk cerdas..??
Balas   • Laporkan
nice | 05/06/2011 | Laporkan
wkwkkw... itu hanya keberuntungan... jangan slalu kaitkan ke makhluk lain...
noctis123 | 02/06/2011 | Laporkan
Emang ada, teknologi semacam itu? jgangan bahas alien lagi deh!!! bullshit!!!
themask
29/05/2011
"...terindikasi bahwa tabrakan itu terjadi lebih lambat, yakni 4,48 tahun lalu...." Tidak ada yg bisa dipercaya dari berita semacam ini. Kalau itu benar terjadi tentunya 4 tahun lalu sudah ada berita yg heboh, tp nyatanya gak ada berita apa2
Balas   • Laporkan
surow | 16/06/2011 | Laporkan
4,48 thn, miliar ato juta kali... salah typing tuch... dikorup satuannya ma wartawannya :))
nice | 29/05/2011 | Laporkan
namanya juga penelitian, emang manusia pinter banget, bisa sekejap tau...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com