TEKNOLOGI

Inilah Raksasa-Raksasa Jejaring Sosial Dunia

Ini era new media. Pertemanan sosial pun mengambil format new media. Apa saja sarananya?

ddd
Rabu, 15 Juni 2011, 11:06 Anggi Kusumadewi
Kunjungan Barack Obama ke Markas Facebook
Kunjungan Barack Obama ke Markas Facebook (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

VIVAnews – Tak berlebihan bila abad ini disebut sebagai abad new media, sedangkan generasi muda masa kini disebut sebagai generasi milenium yang tak dapat dilepaskan dari new media tersebut.

Peran new media merambah ke berbagai sektor kehidupan, bahkan sedikit banyak mulai menggusur peran media konvensional. Format new media pun merembet ke pertemanan sosial. Situs jejaring sosial menjamur di berbagai belahan dunia. Inilah tujuh situs jejaring sosial terbesar di dunia.

Facebook

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004. Menurut Wikipedia, pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Nama ‘Facebook’ berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa tahun akademik pertama oleh universitas di AS, dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.

Kini, jejaring sosial Facebook memungkinkan setiap orang yang berusia minimal 13 tahun, menjadi pengguna di situs tersebut. Quantcast memperkirakan, pada Mei 2011, Facebook memiliki pengunjung tetap di AS sejumlah 138,9 juta.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya sesama mahasiswa Ilmu Komputer, yaitu Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan Facebook awalnya terbatas untuk mahasiswa Universitas Harvard saja, tapi kemudian diperluas ke perguruan tinggi lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Lambat-laun, Facebook mulai membuka diri kepada mahasiswa di universitas-universitas lain, sebelum dibuka untuk siswa Sekolah Menengah Atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

MySpace

Selama tiga tahun berturut-turut, mulai pertengahan 2006 sampai 2008, MySpace adalah situs jejaring sosial terpopuler di AS. Namun pada pertengahan 2008, menurut comScore, posisi puncak MySpace secara internasional diambil alih oleh kompetitor utamanya, Facebook. MySpace yang markas besarnya terletak di Beverly Hills, California, AS, kini mempekerjakan 1.000 orang karyawan. Quantcast mengestimasi pada Mei 2011, pengunjung tetap MySpace per bulannya di AS mencapai 19,7 juta.

hi5

hi5 adalah situs jejaring sosial yang berbasis di San Fransisco, California. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Pada tahun 2008, comScore melaporkan bahwa hi5 telah menjadi jejaring sosial populer peringkat ketiga setelah Facebook dan MySpace, berdasarkan perhitungan jumlah pengunjung tetapnya per bulan.

Pada April 2009, Bill Gossman ditunjuk sebagai CEO di perusahaan ini. Sejak saat itu, hi5 memperbarui konsepnya sebagai situs sosial berbasis game. hi5 pun membuka diri untuk para pengembang game baru. Veteran industri game, Alex St. John, bergabung dengan hi5 sebagai Presiden Perusahaan. Pada tahun 2010, hi5 mengakuisisi perusahaan game sosial Big Six. Quantcast melaporkan, hi5 memiliki 2,7 juta pengunjung tetap per bulannya di AS, dan 46,1 juta di tingkat global.

Orkut

Orkut adalah situs jejaring sosial yang dimiliki dan dikelola oleh Google Inc. Nama ‘Orkut’ diambil dari penciptanya, karyawan Google bernama Orkut Buyukkokten. Meskipun Orkut tidak terlalu populer di AS dibanding dengan kompetitor sejenisnya seperti Facebook dan MySpace, namun Orkut adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di India dan Brazil. Menurut Wikipedia, 48 persen pengguna Orkut berasal dari Brazil, disusul 39,2 persen dari India.

Orkut didirikan di California, AS. Namun pada Agustus 2008, Google mengumumkan bahwa Orkut akan dikelola dan dioperasikan secara penuh di Brazil oleh Google Brazil. Markas Orkut di Brazil ditempatkan di kota Belo Horizonte. Pemindahan markas Orkut ke Brazil, berdasarkan pertimbangan pada besarnya pengguna situs itu di negara yang bersangkutan.

Pada Maret 2011, berdasarkan ranking Alexa, Orkut menempati peringkat 102 di dunia. Saat ini, Orkut mempunyai lebih dari 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Siapapun yang telah berusia 18 tahun, bisa bergabung dengan Orkut.

Netlog

Netlog sebelumnya dikenal dengan nama Facebox dan Bingbox. Netlog adalah situs jejaring sosial asal Belgia yang awalnya ditujukan untuk kaum muda Eropa. Namun pada perkembangannya, Netlog membuka diri untuk pengguna di seluruh dunia, dan kini tersedia dalam 25 bahasa.

Netlog didirikan pada Juli 2003 di Ghent, Belgia, oleh Lorenz Bogaert dan Toon Coppens. Pada tahun 2009, menurut Wikipedia, Netlog mempunyai 42 juta pengguna terdaftar. Di Netlog, pengguna dapat membuat web mereka sendiri, memperluas jaringan sosial, menerbitkan file musik, video, mem-posting blog dan bergabung dalam grup.

Habbo

Habbo sebelumnya dikenal dengan nama Habbo Hotel. Habbo adalah situs jejaring sosial yang ditujukan untuk remaja. Situs ini dimiliki dan dioperasikan oleh Sulake Corporation. Menurut Wikipedai, Habbo didirikan pada tahun 2000, dan sejak itu melakukan ekspansi ke 11 komunitas online. Pengguna Habbo tersebar di 150 negara. Pada Februari 2011, lebih dari 203 juta avatar (sebutan untuk pengguna Habbo) telah terdaftar di Habbo. Situs ini memiliki pengunjung tetap rata-rata 18 juta per bulannya, dan tiap harinya mencatat 100.000 avatar baru.

Twitter

Twitter adalah situs yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks berisi tulisan maksimal 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau melalui pesan singkat (SMS).

Twitter berbasis di San Bruno, California. Twitter sendiri didirikan di San Francisco. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas, dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah memperoleh popularitas di seluruh dunia, dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Baca juga:

- Ledakan Saham Dot-Com

- LinkedIn Menggebrak



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com