TEKNOLOGI

Hewan Ini Lahir dengan Kelamin Ganda

Gagalnya perpisahan kromosom kelamin menyebabkan kupu-kupu mengalami gynandromorph.

ddd
Selasa, 26 Juli 2011, 08:32 Muhammad Firman
Kasus terjadinya kelamin ganda pada hewan itu disebabkan oleh gagalnya kromosom kelamin kupu-kupu itu berpisah saat dibuahi.
Kasus terjadinya kelamin ganda pada hewan itu disebabkan oleh gagalnya kromosom kelamin kupu-kupu itu berpisah saat dibuahi. (bbc.co.uk)

VIVAnews - Seekor kupu-kupu separuh jantan separuh betina lahir di penangkaran Natural History Museum, London, Inggris. Jenis kelamin hewan itu diketahui dari ‘guratan’ yang ada di bagian tengah tubuhnya. Garis itu menandai sisi jantan dan betinanya.

Menurut peneliti, kasus terjadinya kelamin ganda pada hewan itu disebabkan oleh gagalnya kromosom kelamin kupu-kupu itu berpisah saat dibuahi. Dan setelah kupu-kupu itu menjalani seluruh hidupnya, yang hanya berlangsung selama satu bulan, ia akan disimpan sebagai koleksi di museum itu.

Sebagai informasi, hanya 0,01 persen kupu-kupu yang ada di penangkaran diketahui merupakan gynandromorph --istilah teknis untuk kelainan kelamin seperti itu.

“Langkanya kasus kelamin ganda itu membuat saya sangat bergembira saat mendapatinya,” kata Luke Brown, peneliti kupu-kupu dari Natural History Museum, London, seperti dikutip dari BBC, Selasa, 26 Juli 2011.

Brown, yang sudah berkutat dengan kupu-kupu sejak usia 7 tahun telah memelihara lebih dari 300 ribu ekor kupu-kupu. Dan kupu-kupu yang ia dapati kali ini merupakan kasus ketiga kupu-kupu yang mengalami gynandromorph.

Menurut Brown, tidak hanya sayapnya yang terpengaruh. Tubuh hewan itu juga terbagi dua. Organ kelaminnya masing-masing separuh. Bahkan, antena kupu-kupu ini juga memiliki panjang yang berbeda.

“Hewan ini terpisah sempurna. Separuh jantan separuh betina, menempel secara utuh di dalam tubuhnya,” ucap Brown.

Kupu-kupu kelamin ganda ini merupakan Papilo memnon, spesies kupu-kupu berasal dari Asia.

Meski langka, gynandromorphy tidaklah hanya unik dimiliki kupu-kupu. Kepiting, lobster, laba-laba, dan ayam pernah ditemukan memiliki kelamin ganda.

Di alam bebas, kemungkinan ada lebih banyak kasus kelamin ganda. Namun kelainan seks seperti ini sangat sulit terdeteksi pada hewan di mana jantan dan betina tampak sangat serupa. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Marissa Sekarsari
13/09/2011
semua yang bermunculan yg berwujud aneh2 itu merupakan tanda2 hari kiamat sudah dekat,,,
Balas   • Laporkan
asutuchrmnya
16/08/2011
kalukulu slalu dia tdk pernah k killer
Balas   • Laporkan
vivaharefa
15/08/2011
Berbahaya tu....,
Balas   • Laporkan
Jinx|*pro_Amanda
26/07/2011
saya sang pemain pb sejati
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com