App Peningkat Ibadah di Smartphone Anda

iQuran, aplikasi untuk membaca Quran di smartphone berbasis Android atau Apple
Sumber :
  • guidedways.com

VIVAnews - Bulan Ramadan selalu menjadi momentum tepat untuk meningkatkan ibadah, terutama bagi Anda yang muslim. Kemajuan teknologi pun tentu juga bermanfaat untuk mempermudah Anda meningkatkan ibadah.

Saat ini, Anda tidak perlu mushaf Quran atau tasbih untuk menunjang ibadah. Anda hanya perlu membawa smartphone Anda untuk menyempurnakan ibadah di bulan mulia ini.

Berikut, merupakan sejumlah aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang ibadah di bulan Ramadhan. Cara mendapatkan aplikasi ini juga mudah, Anda bisa segera unduh (download) di Android Market (untuk smartphone berbasis Android) atau iTunes (untuk Anda yang menggunakan iPhone).

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Muslim Pro: Azan and Holy Quran

Untuk Anda tipe pekerja mobile yang selalu bergerak, tentu Anda membutuhkan aplikasi yang bisa mengingatkan Anda kapan saatnya salat.
Aplikasi ini tentu berguna bagi Anda, karena Muslim Pro juga menyediakan fasilitas alarm, yang mengingatkan jadwal salat di smartphone Android atau iPhone Anda.

Alarm ini bisa disetel dengan suara atau getar, jadi Anda tidak perlu khawatir mengganggu orang lain, misalnya saat Anda sedang di tengah rapat. Dengan begitu Anda pun tidak perlu khawatir ketinggalan waktu berbuka puasa, jika terjebak di tengah macet misalnya, dengan menyalakan alarm di waktu Maghrib.

Jadwal salat ini akan menyesuaikan secara otomatis dengan lokasi Anda berada, dengan teknologi GPS. Jika penyesuaian itu tidak Anda rasakan tepat dengan jadwal salat di lokasi Anda berada, Anda pun bisa men-setting secara manual.

Aplikasi yang dikembangkan Bitsmedia ini juga menyediakan fitur lain untuk meningkatkan ibadah. Muslim Pro menyediakan fitur Quran beserta terjemahan. Menariknya, terjemahan itu bisa di-setting dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Selain itu, Muslim Pro juga menyediakan fitur penunjuk kiblat. Dengan menggunakan teknologi GPS, jarum berwarna merah akan menunjukkan di mana Kabah berada.

iQuran

Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al Quran, karena itu membacanya di bulan Ramadan akan bernilai lebih. Anda pun tidak perlu khawatir akan kehilangan kesempatan untuk membaca Quran, di sela padatnya aktivitas Anda. Dengan aplikasi iQuran, Anda bisa meluangkan waktu membaca Quran di smartphone Anda, di Android atau iPhone.

Aplikasi ini tergolong menyediakan bacaan yang mudah dibaca, di layar 3,5 inci. iQuran juga dilengkapi dengan terjemahan. Namun, Anda harus mengunduh lagi jika Anda ingin terjemahan dalam bahasa Indonesia (ini berbeda dengan aplikasi Muslim Pro yang langsung menyediakan terjemahan Bahasa Indonesia saat Anda unduh).

Kelebihan dari aplikasi yang dikembangkan Guided Ways Technologies ini adalah penanda atau bookmark yang terlihat sangat jelas. Dengan menekan layar pada salah satu ayat, maka warna di ayat itu akan berubah menjadi kuning. Penanda berwarna kuning ini pun mudah terlihat di halaman index, di halaman pembuka di aplikasi ini.

Selain itu, iQuran juga menyediakan fitur audio. Jadi Anda bisa mendengarkan tilawah Quran, dari sejumlah ulama dunia, pada ayat-ayat yang Anda pilih. Tapi, Anda harus mengunduh lagi fitur audio ini.

Tasbeeh with Actual Experience

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu membawa tasbih untuk berzikir. Seperti fungsi tasbih, aplikasi ini membantu Anda dalam menghitung jumlah zikir yang Anda lakukan. Anda cukup men-slide layar monitor smartphone Anda, seperti Anda menggeser biji tasbih.

Di aplikasi berbasis Android ini, tersedia pula sejumlah jenis zikir yang bisa Anda pilih. Berikut merupakan sejumlah opsi tasbih yang bisa Anda pilih:
- Tasbih Fatima (Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x)
- SubhanAllahi' adzhim wa biHamdihi
- La Hawla wala Quwatta illa Billah
- La illaha ilAllah
- Astaghfirullah  al azhiem, la illaha illa Huwal Hayyul Qoyyum wa atubu ilaih

(umi)

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
Gunung Marapi, Sumbar.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Aktivitas Gunung Marapi, di Sumatera Barat, kembali meningkat setelah sempat mereda. Pada Jumat, 29 Maret 2024 pukul 19.39 WIB. Bandara juga ikut terganggu akibat erupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024