Telkom Konfirmasi Kabel Bawah Laut

VIVAnews - PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), 22 Januari 2009 mengonfirmasikan pembangunan backbone Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Pulau Jawa-Kalimantan-Sulawesi-Denpasar-Mataram dengan kapasitas 320 Gbps. Kontrak proyek senilai USD 115.409.973 yang dikenal sebagai Proyek JaKa2LaDeMa tersebut telah ditandatangani pada 30 Desember 2008 dengan konsorsium Fujitsu-NSW (Norddeutsche Seekabelwerke GmbH (NSW). 

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia menjelaskan Proyek JaKa2LaDeMa proyek meliputi Ring 4 yang terdiri dari Pontianak-Ketapang-Pangkalan Bun-Banjarmasin dan Ring 8 meliputi Sangata-Donggala. Serta DMCS Benduluk-Denpasar-Mataram.

Proyek JaKa2LaDeMa yang dijadwalkan selesai pertengahan tahun 2010 tersebut nantinya dapat meningkatkan kapasitas telekomunikasi antar pulau-pulau, baik itu untuk kepentingan komunikasi data, e-commerce, video, maupun suara. 

“JaKa2LaDeMa sangat penting bagi Indonesia karena dengan demikian kita nantinya bisa memiliki suatu sistem dan infrastruktur telekomunikasi yang handal untuk menangani trafik telekomunikasi, yang diyakini semakin meningkat di masa-masa yang akan datang,” kata Eddy.

Mengenai konsorsium Fujitsu-NSW, Eddy mengatakan pihaknya sudah mempertimbangkan dari berbagai aspek. “Kami yakin Konsorsium Fujitsu-NSW akan bekerja secara profesional untuk menyelesaikan proyek yang sangat penting tersebut sesuai jadwal,” ucap Eddy.

Eddy juga menyatakan bahwa Telkom berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kualitas layananannya. “Fokus kami tidak hanya pada memperbanyak pelanggan tetapi juga meningkatkan kualitas infrastruktur, antara lain dengan penggelaran Sistem Komunikasi Kabel Laut.”

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Sebelumnya, Fujitsu juga sudah mengabarkan bahwa mereka siap membantu Indonesia membangun infrastruktur komunikasinya.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024