LEMBAGA SURVEI:

sistem operasi mobile

ilustrasi penggunaan android di tablet
Sumber :
  • technewsdaily.com

VIVAnews - Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet diprediksi akan banyak digunakan dalam mengakses internet. Penggunaan perangkat mobile untuk berinternet ini akan menggantikan akses internet dari komputer pribadi (PC) di rumah, yang saat ini masih digunakan oleh sebesar 94 persen di Asia Tenggara.
 
Walau demikian, lembaga riset Nielsen memperkirakan penggunaan perangkat portabel akan terus berkembang. "Dengan 61 persen dari pengguna internet mengatakan bahwa mereka akan mengakses internet melalui ponsel dalam 12 bulan ke depan," demikian keterangan tertulis yang disampaikan Nielsen, yang diterima VIVAnews, Selasa, 20 September 2011.

Karena itu Nielsen pun kemudian mengatakan penting bagi pemilik media untuk memahami jenis perangkat dan sistem operasi yang digunakan netizen dalam mengakses internet. Sehingga konten yang disediakan akan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Nielsen pun kemudian menyebut, sistem operasi iOS milik iPhone dan Android akan banyak digunakan dalam mengakses internet. Saat ini, iOS merupakan sistem operasi yang digunakan iPhone dan iPad, sedangkan Android digunakan oleh sejumlah smartphone dan tablet, dan masih menguasai pasar smartphone dunia.

"Dengan meningkatnya penggunaan internet melalui non komputer pribadi, sistem operasi seperti iOS  dan Android mulai akan mengambil bagian yang besar dalam lalu lintas situs," kata Matt Bruce, Nielsen’s Managing Director  untuk  Audience Measurement  di wilayah Asia-Pasific, dalam keterangan tertulis itu.

Sedangkan, jika akses internet dilakukan dari komputer pribadi, maka sistem operasi Windows akan banyak digunakan. "Windows tetap menjadi sistem
operasional  yang paling digemari," ujar Bruce. 

Selain itu, Nielsen juga memperkirakan penetrasi smartphone akan semakin meningkat di tahun 2011. Data Nielsen menyebut, satu dari dua pengguna internet di Asia Tenggara yang belum memiliki smartphone berniat membeli smartphone di tahun 2011.

“Konsumen di di Asia Tenggara dengan cepat mengadopsi teknologi baru seperti smartphone dan tablet yang dapat menyediakan akses internet di mana saja," ucap Matt Bruce. (umi)

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024