Seagate Siapkan Harddisk 4TB

Harddisk Seagate Constellation 2TB.
Sumber :
  • Seagate Technology

VIVAnews - Sebuah sumber di industri menyatakan bahwa Seagate, salah satu produsen media penyimpanan utama dunia, berencana untuk menghadirkan harddisk internal berkapasitas 4TB. Jika tidak ada aral melintang, harddisk ini diperkirakan muncul pada November mendatang.

Untuk menyediakan kapasitas sebesar itu, di dalamnya akan terdapat lima buah platter, masing-masing berkapasitas 800GB yang berputar dengan kecepatan 7200RPM.

Dikutip dari Engadget, Selasa 27 September 2011, harddisk itu sudah mulai dipajang di situs resmi mereka dengan kisaran harga US$249,99 atau sekitar Rp2,2 juta.

Kemungkinan, produsen ini juga merupakan yang pertama menghadirkan harddisk untuk PC desktop dengan kapasitas tersebut. Dan berhubung mereka telah mengakuisisi divisi harddisk milik Samsung, Seagate memiliki posisi yang baik dalam peta persaingan pasar harddisk.

Produsen ini juga tampaknya lebih memilih model 7200RPM dibandingkan dengan versi 5400RPM, namun hemat energi karena lebih mudah diproduksi. Ke depan, kemungkinan seluruh harddisk internal 3,5 inci dari Seagate akan menggunakan piringan yang berputar dengan kecepatan 7200RPM.

Saat ini, baik Samsung maupun Seagate memasarkan harddisk 2TB mereka di kisaran harga US$81 atau sekitar Rp725 ribu. Jika Anda merasa banderol harga harddisk 4TB yang sebesar Rp2,2 juta terlalu mahal, Anda bisa memasang dua harddisk 2TB cukup dengan membayar sekitar Rp1,45 juta.

Harga media penyimpanan, khususnya harddisk belakangan memang terus menurun. Namun, untuk media penyimpanan penggantinya, yakni solid state drive, masih tetap tinggi. (art)

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial
Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat malam-malam bersama jajaran pejabat Kemenkeu

Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Finance Minister Sri Mulyani Indrawati held a meeting with the officials in her ministry to discuss the economic and financial situation due to the heated geopolitical si

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024