TEKNOLOGI

600 Pecinta Alam Tahun Baru di Gunung Gede

Diperkirakan hingga malam nanti akan ada sekitar 1000 pendaki lebih di puncak Gunung Gede.
Sabtu, 31 Desember 2011
Oleh : Arry Anggadha
Pendakian gunung

VIVAnews - Banyak cara merayakan peralihan tahun yang dilakukan masyarakat, salah satunya mendaki puncak gunung.

Setiap perayaan tahun baru, ratusan pencinta alam dari berbagai daerah merayakan tahun baru di puncak Gunung Gede Pangrango. Para pendaki ini sering mengabadikan diri dan ingin melihat matahari terbit di tahun yang baru.

“Hingga sore ini sudah 600 orang pendaki dari berbagi daerah yang naik ke puncak gunung Gede Pangrango. Jumlah ini akan terus bertambah hingga malam nanti mengingat masih banyak yang melapor ke posko namun belum tiba dikarenakan perjalanan yang mulai macet,” kata Rudi, pengawas jalur pendakian Cibodas, Cianjur, Sabtu 31 Desember 2011.

Menurut Rudi, jumlah ini yang hanya terdata dari mereka yang naik melalui pos Cibodas, Cianjur saja. Karena untuk bisa naik Gunung Gede Pangrango secara legal ada jalur khusus yang sudah disediakan.

Pertama Jalur Cibodas, Cianjur. Kedua jalur Pondok Halimun, Sukabumi dan Jalur ketiga jalur pos Gunung Putri. Di luar ketiga jalur ini para pendaki yang naik bisa dikatakan ilegal.

Diperkirakan hingga malam nanti akan ada sekitar 1000 pendaki lebih di puncak Gunung Gede Pangrango yang naik dari ketiga jalur legal yang telah ditetapkan oleh Balai Taman Nasional Gede Pangrango. Jalur ini memang sengaja dibuat berdasarkan berbagi pertimbangan terutama keamanan para pendaki.

“Kami mengingatkan pada para pendaki agar wasapada. Cuaca saat ini sulit untuk ditebak. Hujan dan badai bisa datang kapan saja. Kondisi jalur pendakian dalam kondisi aman hinggga hari ini. Untuk para pendaki saat pulang jangan lupa membawa samapah berbagi kemasan makanan dan minuman yang mereka bawa dari Bawah sebelum mendaki. Ini akan menjadi masalah ekologi kedepannya,” tegas Rudi.

Hari merupakan hari terakhir para pencinta alam dan masyarakat diperbolehkan naik ke gunung gede menikmati matahari terbit dan tenggelam. Mulai tanggal 1 Januari 2012 semua jalur pendakia ke Gunung Gede akan ditutup untuk perbaikan ekosistem.  Laporan: Permadhi | Sukabumi

TERKAIT
TERPOPULER