SMS Premium

Basuki: Penyelenggara Konten Harus Bayar BHP

VIVAnews - Menurut Peraturan Menteri tentang BHP berdasarkan UU Penerimaan Negara Bukan Pajak, kata Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar, penyelenggara jasa telekomunikasi, termasuk penyedia konten, dikenakan biaya BHP SMS Premium. Namun, hal itu dibantah Ketua Komisi I Djoko Susilo. Dia mengatakan kewajiban memenuhi BHP SMS Premium seharusnya hanya ditujukan pada pemilik jaringan telekomunikasi saja, sementara penyedia konten tidak.

"Terkait BHP SMS Premium, regulasinya sudah jelas. Penyedia layanan konten juga dikenakan kewajiban yang sama. Kalau tidak membayar jelas ada sanksinya," kata Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar usai Rapat Kerja Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin 9 Februari 2009.

Menurutnya, esensi pokok Permen BHP SMS Premium sudah terpapar jelas. Basuki mengatakan, tidak ada yang salah pada Permen maupun UU PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak).

"Di sana tertulis bahwa penyelenggara jasa telekomunikasi sebagai pemilik jaringan termasuk penyedia layanan konten berkewajiban memenuhi BHP SMS Premium. Ketentuannya tak bisa dinegosiasikan," ujar Basuki. "Bagi yang tak memenuhi kewajiban akan ada sanksinya, karena ini jelas merugikan negara," ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR-RI Djoko Soesilo, di sela-sela Rapat Komisi I DPR-RI hari ini, mengatakan bahwa penyedia konten seharusnya tidak ditimpakan kewajiban untuk memenuhi BHP. "BHP SMS Premium seharusnya hanya dilimpahkan kepada penyelenggara telekomunikasi yang memiliki jaringan. Penyedia layanan konten kan hanya mempunyai konten saja, seharusnya tidak perlu memenuhinya," ujar Djoko

Sampai saat ini, pemerintah bergeming. Hingga akhir rapat, Basuki tetap bersikeras menetapkan BHP SMS Premium baik kepada penyelenggara jasa telekomunikasi maupun penyedia layanan konten.

"Aturan memang tidak selalu memuaskan semua pihak. Karena di dalam aturan ini, ada kepentingan publik, kepentingan industri, dan kepastian hukum,” ucap Basuki.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024