TEKNOLOGI

Amankah Transaksi Via Seluler di Indonesia?

Di Indonesia, transaksi model ini telah dijalankan Telkomsel dengan fitur T-Cash.
Rabu, 7 Maret 2012
Oleh : Bayu Galih
Sistem pembayaran e-payment dengan ponsel

VIVAnews - Perkembangan teknologi mobile, menjadikan smartphone Anda kini mulai berperan menggantikan dompet, dengan sistem pembayaran elektronik.

Pembayaran via seluler tidak hanya bisa dilakukan di Amerika Serikat, dengan menggunakan e-payment ala Google Wallet atau Square. Di Indonesia, provider seluler Telkomsel mengembangkan fitur T-Cash sebagai pembayaran melalui seluler.

Namun, amankah pembayaran dengan cara baru ini?

Head of Corporate Communications Division Telkomsel, Ricardo Indra, menjamin sistem pembayaran melalui T-Cash. Sebab, fitur ini telah lulus uji sertifikasi. "Telkomsel telah lulus uji sertifikasi dari Bank Indonesia pada tahun 2007 untuk menjalankan bisnis e-money,” kata Indra, dalam keterangan tertulisnya.

Indra kemudian menjelaskan, aktivasi T-Cash bisa dilakukan pengguna Telkomsel dengan mengakses *828# dari ponsel. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan PIN T-Cash berupa enam digit angka, yang akan digunakan saat transaksi.

Pelanggan kemudian bisa melakukan pengisian di layanan GraPARI, GeraiHALO, dan sejumlah tempat yang menjalin kerja sama dengan Telkomsel. Tak hanya itu, pengguna Telkomsel juga bisa melakukan pengambilan uang tunai (cash out) di sejumlah lokasi yang ditunjuk, hingga Rp 1 juta.

Telkomsel mengklaim, saat ini T-Cash telah digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel juga telah bekerjasama dengan lebih dari 530 merchant dengan total terminal sebanyak 32.737 di seluruh Indonesia. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER