"Pak Einstein, Anda Harus Potong Rambut"

Albert Einstein
Sumber :
  • guim.co.uk

VIVAnews - Albert Einstein adalah ilmuwan terbesar abad ke-20, peraih Nobel Fisika. Dari otaknya yang jenius tercipta rumus matematis, yang sejatinya sederhana, namun membuat dunia tak lagi sama, yang mengubah pemahaman kita tentang alam semesta: teori relativitas.

Saat ini, catatan dimana Einstein menuliskan persamaan revolusioner E=MC2, dipamerkan untuk kali pertamanya, sebagai bagian dari arsip digital.

Namun, koleksi yang diunggah tak hanya pemikirannya yang luar biasa terkait hukum dasar fisika. Juga termasuk sejumlah dokumen pribadi, termasuk pengumuman pernikahannya, surat dimana ia mengusulkan cara untuk menyelesaian konflik Arab-Yahudi. Bahkan, surat dari seorang gadis kecil yang gemas melihat tampangnya yang awut-awutan. Ia minta matematikawan terkemuka itu mencukur rambutnya.

Dengan penuh kepolosan, dalam surat yang disimpan baik oleh Einstein, bocah enam tahun itu menulis, "Pak Einstein, saya seorang anak berusia 6 tahun. Saya melihat fotomu di koran, kupikir Anda harus potong rambut, agar penampilan lebih baik."

Einstein yang meninggal tahun 1955 mewariskan sejumlah besar karya tulis dan dokumen pada  Hebrew University, Yerusalem, di mana ia ikut menjadi pendirinya.

Arsip internet sejauh ini telah merangkum 80.000 dokumen, namun pihak universitas mengatakan, ini belum keseluruhan. Baru yang berangka tahun 1922.

Sisanya akan diunggah belakangan, demikian kata  Hanoch Gutfreund, dosen yang bertanggung jawab atas kekayaan intelektuan Einstein. Dia menambahkan, proyek tersebut harus berujung pada dokumen publik yang bisa diakses dengan mudah.

Dokumen-dokumen yang diunggah menyertakan teks Inggris. Sebab, hampir semua makalah ditulis dalam Bahasa Jerman, atau bahasa akademis.

"Ini akan membuat akses lebih mudah, bukan hanya untuk masyarakat umum yang penasaran, juga para akademisi. Mereka bisa menelusuri 80.000 dokumen yang ada," kata dia, seperti dimuat Daily Mail.

Proyek ini menawarkan akses ke kehidupan Einstein, yang memungkinkan setiap pengakses  membentuk pendapat mereka sendiri tetang sosok ilmuwan besar itu.

Beberapa item dokumen dalam koleksi bersifat sangat pribadi. Belum jelas apakah arsip itu akan dipublikasikan. Termasuk kategori "rahasia pribadi" adalah 24 surat cinta Einstein pada Elsa, perempuan yang menjadi istri keduanya. Surat-surat itu ia kirimkan saat masih terikat pernikahan dengan istri pertamanya, Mileva.

Yang sudah dimasukkan dalam arsip digital adalah surat Einstein pada editor penerbitan, Falastin. Isinya: ia mengusulkan pendirian "Dewan Rahasia" untuk mengakhiri konflik Arab-Yahudi.

Einstein mengandaikan, sebuah kelompok yang terdiri delapan orang Yahudi dan Arab, dokter, ahli hukum, perwakilan serikat pekerja, dan seorang ulama dari setiap sisi, yang akan bertemu setiap minggu secara rahasia untuk membahas isu-isu Palestina.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024