Ini Usul Mastel Tentang Mekanisme Tender 3G

Menara BTS
Sumber :
  • Excelcomindo

VIVAnews - Rencana tender 3G tahap ketiga atau third carrier masih menunggu turunnya aturan dari pemerintah. Sementara itu pemerintah diminta mempertimbangkan mekanisme penambahan blok 11 dan 12, mengingat operator yang mendapatkan tambahan blok akan meningkatkan nilai bagi perusahaan.

"Mekanisme dengan tender atau lelang itu efektif dan bagus, namun problemnya besar kemungkinan akan membuat harga tinggi," kata Mas Wigrantoro, Sekretaris Jenderal Masyarakat Telematika Indonesia, di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu 28 Maret 2012.

Ia menjelaskan bahwa jika dengan proses tender, nilai harga blok akan semakin tinggi mengingat kompetisi antar-operator. "Harga lelang tinggi nanti layanan yang sampai ke pelanggan juga tinggi," ucap Wigra.

Sementara jika dengan mekanisme beauty contest, seperti yang dilakukan pada masa orde baru, menurutnya kurang objektif. Karena ini menghambat, dan hanya memberikan kesempatan kepada operator yang mempunyai jumlah pelanggan terbanyak.

Hasil Liga 1: Dewa United Bantai Tuan Rumah Persebaya Surabaya

Untuk itu Mastel mengusulkan mekanisme campuran antara beauty contest dengan seleksi tender. Namun, ia menggarisbawahi bahwa proses beauty contest harus melaksanakan asas keterbukaan.

"Gunakan mix mekanisme, operator dikualifikasi (beauty contest) dan kemudian yang lolos ikut tahapan tender," usulnya.

Sebelumnya, ada empat operator yang telah menyatakan minat untuk penambahan blok ketiga, yakni PT Axis Telekom Indonesia, PT XL Axiata, PT Telkomsel, dan PT Indosat Tbk. (umi)

Saipul Jamil

Ramai Candaannya dengan Ivan Gunawan, Saipul Jamil Beri Klarifikasi

Saipul Jamil melakukan klarifikasi tersebut saat itu lantaran tidak ingin meluruskan tentang kejadian di masa lampau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024