TEKNOLOGI

Kuliah Online Gratis di Harvard dan MIT

Program gabungan ini melayani 120 ribu pelajar di penjuru dunia.
Kamis, 3 Mei 2012
Oleh : Karlina Octaviany
Belajar kini tidak perlu di dalam kelas.

VIVAnews - Universitas ternama di Amerika Serikat, Harvard dan MIT membuka kelas gratis di internet. Layanan ini bisa dinikmati pelajar di penjuru dunia. Program gabungan edx ini menggunakan platform belajar online MIT, MITx.

Kemitraan MIT dengan Harvard memberikan beragam kursus, termasuk Sirkuit dan Elektronik. Sebanyak 120 ribu pelajar di seluruh dunia dapat menjajal kursus ini.

Kursus yang ditawarkan melalui edx ini memberikan kuliah melalui video, kuis online, dan pemeriksaan real-time. Siswa akan menerima sertifikat keahlian berdasarkan hasil belajar mereka.

Beberapa tahun terakhir, sistem belajar online semakin berkembang. Dengan dukungan koneksi internet tingkat tinggi, komputer memadai, dan teknologi pendukung seperti komputasi awan dapat membantu penyelenggaraan sistem edukasi ini.  Edx menjadi yang terbaru dan paling prestisius di antara semarak pendidikan online ini.

Platform edx ini juga membantu institusi pendidikan MIT dan Harvard untuk menjaring pelajar paling cerdas dari berbagai belahan dunia, seperti dikutip dari laman Technologyreview.com.

Direktur Ilmu Komputer dan Laboratorium Intelejensia Artifisial MIT, Anant Agrawal mengatakan edx juga melibatkan cara baru belajar online dengan mesin yang diprogram untuk menilai ujian.

Agrawal yang bertugas mengawal program ini menjelaskan, eksperimen baru dapat terlaksana untuk mengeksplorasi cara orang belajar dan meningkatkan prosesnya.

Ketika ditanya siapa pemimpin tren pelajaran interaktif ini, Agrawal menunjuk Salman Khan. Lulusan MIT dan Harvard ini memulai metode ini untuk mengajarkan sepupunya via YouTube. Kini Khan menciptakan platform pembelajaran online, Khan Academy. 

TERKAIT
TERPOPULER