FOTO: Daun Perangsang, Konsumsi Warga Somalia

Keseharian masyarakat Somalia
Sumber :
  • Reuters/Feisal Omar

VIVAnews - Warga Somalia memiliki kebiasaan mengunyah daun Khat. Daun ini mengandung zat narkotika dengan fungsi sebagai perangsang alami.

Anjuran Melewati Jalur Berbeda Saat Berangkat dan Pulang Sholat Idul Fitri dari Para Ulama

Biasanya, daun Khat dikonsumsi saat kumpul-kumpul, ditambah meminum minuman keras. Di Somalia, daun ini dijual bebas. Lihat fotonya di tautan ini.

Khat (Catha edulis) merupakan tanaman perdu, famili dari tanaman Celastracea. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Afrika Timur dan Arab.

Daunnya mengandung alkaloida cathinone dan cathine yang mempunyai konfigurasi serta efek seperti amphetamine. Sehingga mempunyai efek energik dan menjadi senang bicara bagi pengonsumsinya.

Namun, mengonsumsi daun ini menyebabkan kecanduan. Dalam dosis besar, Khat dapat menyebabkan gangguan jaringan otak yaitu perubahan sistem biokimia otak. Orang yang mengonsumsi bisa mengalami halusinasi pendengaran dan mengamuk. Dalam tingkat yang parah, bisa seperti gila.

Efek dari ramuan umumnya mulai mereda antara 90 menit dan 3 jam setelah konsumsi, namun mereka bisa bertahan hingga 24 jam. Selain dikunyah langsung, daun Khat bisa dikonsumsi dalam bentuk kering dengan daun teh. Bentuk ini biasa disebut dengan 'teh bushman'.

Sambut Lebaran 2024, Menko Luhut: Momentum Mempererat Kerukunan Serta Kekompakan
Ashanty

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah

Deretan artis Tanah Air memilih untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah. Mulai dari Ashanty hingga Desy Ratnasari berikut daftarnya.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024