TEKNOLOGI

Microsoft Pertimbangkan Beli Nokia

Nokia sudah "buka-bukaan" memperlihatkan buku perusahaannya.

ddd
Selasa, 12 Juni 2012, 17:23 Karlina Octaviany, Amal Nur Ngazis
Nokia Lumia Kerjasama Nokia dan Microsoft
Nokia Lumia Kerjasama Nokia dan Microsoft (TechCrunch)

VIVAnews - Perusahaan perangkat lunak raksasa, Microsoft mempertimbangkan pembelian Nokia sebelum perusahaan asal Finlandia tersebut memperlihatkan buku perusahaannya.

Laman Register mengutip sumber terpercaya melaporkan Nokia memberikan akses kepada Microsoft untuk melihat buku perusahaannya pada akhir tahun lalu. Ini membuka kemungkinan Microsoft untuk menentukan pembelian Nokia bisa menguntungkan perusahaannya.

Menurut CNet, Microsoft segera bergerak setelah melihat buku Nokia. Meski tampaknya perusahan ini tidak terkesan. Wajar mengingat penjualan Nokia jatuh secara cepat. Pada saat krisis ini, pengguna mobile perangkat berbasis iOS dan Android meningkat. Jadi, begitu jelas alasan Microsoft mungkin telah mempertimbangkan pembelian semua atau sebagian dari Nokia.

Perusahaan global asal Amerika Serikat ini perlu membuat sebuah percikan di pasar mobile sementara Nokia masih mengirimkan ratusan juta perangkat tiap tahun. Kondisi ini secara efektif menempatkan Microsoft dalam posisi untuk mengambil bongkahan besar dari pasar mobile, ditambah lagi harga Nokia sedang murah karena krisis.

Dalam lima tahun terahir, Nokia telah memperlihatkan pangsa pasarnya merosot 90 persen menjadi  US$ 2,91. Modal pasar perusahaan ponsel ini hanya US$ 10,45 miliar. Uang tunai Microsoft yang dihasilkan setiap kuartal bisa mendapatkan Nokia dengan mudah. Bahkan, tanpa merasakan kegoncangan Nokia. Microsoft hanya membeli sepotong dari bagian Nokia yang akan berharga lebih murah.

Meski dengan semua uang tunai, Microsoft tidak mampu untuk melakukan pembelian buruk. Inilah alasan Microsoft tahun lalu memutuskan hanya bermitra dengan Nokia. Microsoft hanya mendukung untuk membuat sistem operasi utama Windows Phone pada produk Nokia, bukan memilikinya secara langsung.

Meskipun Microsoft dan Nokia tidak bisa membuat kesepakatan akuisisi, rumor yang muncul ada tawaran lain. Pada Desember lalu, Microsoft dan Nokia diisukan membuat tawaran bersama untuk membeli Research In Motion. Setelah penyelidikan lebih lanjut, mereka dikabarkan memutuskan untuk tidak melakukannya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com