Mantan CEO Panen Uang Usai Rusak BlackBerry

Mike Lazaridis dan Jim Balsillie
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Duo co-CEO vendor BlackBerry, Research In Motion (RIM), Mike Lazaridis dan Jim Balsillie tidak perlu bersedih setelah lepas dari perusahaan itu. Keduanya telah menyaksikan pecahnya RIM. Kegagalan karir mereka justru diganjar paket perpisahan mewah.

Wall Street Journal melaporkan RIM bernilai 16 kali lipat lima tahun lalu dibanding sekarang. Lazaridis dan Balsillie dinilai berjasa untuk keberhasilan lima tahun lalu dan melupakan kerusakan yang disebabkannya kini.

Balsillie diberikan uang pensiun US$7,93 juta untuk tahun fiskal ini. Itu termasuk gaji, bonus, dan paket pemutusan hubungan kerja sekitar US$4,8 juta.

Lazaridis menerima US$3,96 juta untuk gaji dan penghargaan. Dia juga mendapat perpanjangan asuransi kesehatan hingga 10 tahun untuk dia dan keluarganya. Lazaridis juga diberi mobil perusahaan dan fasilitas supir.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Lazaridis dan Balsillie membangun RIM hingga menjadi salah satu raksasa smartphone global. Tapi, mereka menyeret RIM menuju kehancuran setelah gagal melihat iOS Apple dan Android Google sebagai ancaman ketika mulai mencuat pada 2007.

"Lazaridis dan Balsillie merevolusi industri nirkabel dengan mengenalkan BlackBerry. Mereka selamanya akan mengubah cara dunia berkomunikasi," seperti tertulis dalam formulir 6-K RIM bersama Komisi Perdagangan dan Keamanan Amerika Serikat.

Di bawah kepemimpinan mereka, perusahaan sukses menangani berbagai tantangan. Perusahaan juga dengan cepat menaikkan skala menjadi perusahaan global. RIM menjadi pemimpin industri dengan penjualan di lebih dari 175 negara dan mempekerjakan lebih dari 17.000 karyawan. "Selama dekade terakhir, perusahaan mengalami pertumbuhan yang luar biasa dengan peningkatan pendapatan melejit dari US$294 juta menjadi di bawah US$20 miliar," imbuhnya seperti dilansir dari Allthingsd.

Menurut Gizmodo, uang ini seharusnya bisa digunakan untuk merekrut talenta baru demi menyelamatkan RIM dari krisis. Tapi, RIM malah menghabiskannya untuk kedua CEO dengan kinerja buruk ini sementara banyak pegawainya harus diberhentikan. (sj)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024