Pisang Indonesia Terancam Punah?

Pisang Cavendish atau pisang Ambon Putih
Sumber :
  • deptan.go.id

VIVAnews - Pisang merupakan salah satu buah terpenting di dunia. Menyambut bulan puasa, kudapan kolak pisang senantiasa mewarnai sajian buka puasa. Santap sore di kantor biasanya juga diramaikan dengan hidangan pisang goreng di meja. Hewan seperti monyet juga tergantung dengan pisang sebagai bahan pangan. Apakah pisang di Indonesia terancam punah?

Direktur Pusat Tanaman Tropis dan Biokomoditas (Centre for Tropical Crops and Biocommodities) dari Universitas Queensland of Technology, Australia akan membagi pengatahuannya hari ini, Selasa, 19 Juni 2012.

Profesor James Dale akan memimpin seminar dengan tema “Banana for the 21st Centuries: Pushing Back the Threat of Extinction” (Pisang untuk Abad 21: Mencegah Ancaman Kepunahan). Dale akan membahas cara mencegah pisang agar tidak cepat punah.

Seminar tentang ancaman kepunahan pisang akan digelar di Kedutaan Besar Australia, Kuningan, Jakarta. Para akademisi dan perwakilan media massa akan mendapat kesempatan untuk menyimak paparan Dale hingga pukul 12.00 WIB.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Menurut laporan New Scientist, pisang dapat punah dalam kisaran sepuluh tahun lagi. Banyak hal yang bisa membunuh keberadaan pisang. Sigatoka hitam, jamur daun, dan jamur tanah yang menyerang akar tanaman atau penyakit Panama.

Pisang di berbagai negara Asia telah diserang bahaya penyakit Panama atau Race 4 pada 2003. Jamur yang menyerang akar melalui tanah ini tidak mempan ditangkal dengan pembasmi jamur.

Pada 1960-an, pisang jenis Gros Michel dan berbagai varian buah dihapus dari muka bumi akibat serangan penyakit Panama. Kepergian Gros Michel mengangkat pisang Cavendish atau Ambon putih sebagai pisang pertama yang terpopuler. Kelangkaan keragaman genetika menempatkan pisang dalam posisi berbahaya.

Pisang merupakan tambang emas nutrisi. Pisang kaya vitamin B6 yang bisa melawan infeksi dan penting bagi zat besi dari hemoglobin. Pisang juga kaya potasium dengan kisaran lebih dari 400 mg setiap buahnya. Buah ini pun kaya akan serat.

Berbagai penemuan kesehatan masa kini telah menunjukkan peran penting pisang bagi kesehatan. Pisang dapat melawan depresi dan mual pagi hari pada ibu hamil. Buah berkulit kuning ini juga didapuk berperan dalam menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Bahkan, pisang berpotensi menurunkan resiko kanker.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024