Hari Ini Mobil Listrik Nasional Diuji

Mobil Tanpa Emisi Buatan Kemenristek-LIPI
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) berawal saat bangsa Indonesia berhasil melaksanakan uji terbang pertama pesawat Gatotkaca N-250. Sesuai keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995, peringatan Harteknas dimulai ketika pesawat hasil buatan Industri Pesawat Terbang Indonesia lepas landas pada 10 Agustus 1995.

Pada tahun ini, pembukaan peringatan Harteknas ke-17 diramaikan dengan Fun Drive Mobil Listrik Nasional. Mobil listrik berbentuk bus ini akan membawa rombongan Menristek dan rombongan wartawan. Rute yang dpilih yakni dari Gedung BPPT, menuju Monas, dan kembali ke BPPT.

Bus listrik yang dibuat Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI ini mampu membawa 15 orang penumpang. Kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam.

Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 km dengan sekali pengisian 500 ampere. Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04. Kendaraan listrik ini diklaim mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen. Bus ini juga dapat menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.

Peringatan Harteknas ke-17 dimulai dengan peresmian Pusat Informasi Harteknas ke-17. Menristek, Gusti Muhammad Hatta pada hari ini, Selasa 26 Juni 2012 akan membuka peringatan Harteknas secara resmi di Lobi Gedung II BPPT, Jakarta.

Puncak acara akan dipusatkan di Bandung, Jawa Barat pada 8 hingga 10 Agustus 2012. Kegiatan peringatan Harteknas akan meramaikan Bandung,  antara lain Pameran Ritech Expo di Sabuga, Triple Helix Conference di Hotel Grand Royal Panghegar, dan Karnaval Iptek.

Acara puncak akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Puncak peringatan Harteknas rencananya digelar di Gedung Merdeka, Bandung. Tema peringatan Harteknas tahun ini yakni "Inovasi untuk Kemandirian Bangsa". (eh)

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres
Mobil Pikap angkut puluhan orang di Pamekasan terguling

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Mobil pikap yang mengangkut rombongan ibu dan anak-anak di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengalami kecelakaan tunggal hingga terguling di jalan raya. Belasan orang luka

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024