Pesawat Ruang Angkasa China Kembali ke Bumi

Tiga astronot China sebelum menjalani misi ke luar angkasa
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVAnews - Pesawat ruang angkasa Shenzhou-9 yang membawa tiga astronot China berhasil mendarat ke bumi. Pesawat dengan tiga kru itu baru saja menyelesaikan misi ruang angkasa selama 13 hari.

Kapsul tampak mendarat di wilayah Mongolia pada pukul 10.05 waktu setempat. Proses pendaratan disiarkan langsung oleh televisi China.

Ketiga astronot sukses menyatukan pesawat luar angkasa itu dengan modul laboratorium Tiangong-1 dan melakukan serangkaian uji coba di ruang angkasa.

Kru berhasil melakukan manuver docking secara manual pada pekan lalu. Prosedur pendaratan itu dipelopori oleh AS dan Uni Soviet pada tahun 1960-an.

Tiga astronot kembali ke pesawat Shenzhou-9 pada Kamis dan melakukan pemisahan manual dari laboratorium ruang angkasa. Mereka mendarat di wilayah Siziwang, Mongolia dengan kapsul berparasut.

China menyambut keberhasilan ini dengan bangga. Sebab, keberhasilan ini menjadi modal bagi China untuk membangun stasiun ruang angkasa pada tahun 2020 mendatang.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024