Persaingan Sistem Operasi

Pengguna Vista Bertambah, XP Tetap Dominasi

VIVAnews - Februari ternyata menjadi bulan yang menggembirakan bagi Microsoft. Setidaknya dari sisi browser dan sistem operasi buatannya. Di bulan kedua 2009, Microsoft sukses memperlambat laju penurunan market share Internet Explorer. Selain itu, sistem operasi buatan perusahaan asal Redmond, Washington itu juga berhasil menambah jumlah pengguna. Apple, untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun ini mengalami penurunan pangsa pasar.

Menurut data yang dirilis Net Applications, perusahaan pengamat pasar internet asal California, Microsoft berhasil meningkatkan market share sistem operasinya dari 88,20 persen di Januari menjadi 88,42 persen di Februari 2009. Di saat yang sama, Apple mengalami penurunan pangsa pasar hingga 0,28 persen dan hanya memegang sekitar 9,61 persen. Sistem operasi opensource Linux sendiri berhasil menaikkan jumlah penggunanya hingga menjadi 0,88 persen.

Awalnya diperkirakan, Windows 7 adalah sistem operasi yang mendongkrak besaran market share Microsoft. Tetapi menurut data Net Applications, market share sistem operasi baru itu meraih 0,10 persen di pertengahan Januari sampai 0,22 persen di akhir bulan. Tetap setelah itu, pangsa pasarnya menurun hingga 0,16 persen saja di Februari lalu.

Uniknya, malah Windows Vista yang disebut-sebut sebagai sistem operasi gagal kedua Microsoft setelah Windows Millenium yang berkontribusi atas peningkatan pangsa pasar Microsoft. Dari 22,48 persen di Januari, persentasenya naik menjadi 22,79 persen di bulan berikutnya. Versi lain dari sistem operasi Microsoft menurun. Windows XP, yang masih tetap dominan turun dari 63,76 persen menjadi 63,67 persen, sementara Windows 2000 turun dari 1,37 persen menjadi 1,33 persen saja.

Yang menarik adalah di pasar sistem operasi mobile. Menurut Net Applications, sistem operasi Mac OS dari Apple menguasai pangsa pasar dengan 66,61 persen di bulan Februari, diikuti Java ME dengan 9,06 persen dan Windows Mobile di 6,91 persen. Meski begitu, pada pasar ini terjadi perubahan yang cukup signifikan dari bulan ke bulan. Ini mengindikasikan bahwa konsumen belum menetap dengan satu perangkat dan sistem operasi, dan banyak perubahan yang bisa terjadi dalam waktu satu tahun. Sebagai contoh, iPhone menguasai 69,54 persen di Januari, sementara Java ME punya 8,40 persen dan Windows Mobile 7,59 persen.

BlackBerry sendiri belum bicara banyak di pasar sistem operasi mobile. Tetapi setelah peluncuran BlackBerry Storm, pangsa pasar mereka yang tadinya berkisar 1,5-1,7 persen naik menjadi 2,24 persen, Februari lalu.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024