Kalahkan Lumia, Nokia Genjot Penjualan Murah Asha

Asha 308 dan Asha 309 besutan Nokia
Sumber :
  • engadget.com

VIVAnews - Nokia baru saja meluncurkan lini Asha terbarunya, Asha Full Touch 308 dan 309 secara global di Indonesia. Peluncuran ini dinilai di luar dugaan, karena di tengah beberapa kompetitor yang saling meluncurkan produk smartphone menengah atas, Nokia hanya meluncurkan lini Asha, yang diposisikan untuk kalangan menengah bawah.

Menanggapi hal ini, Head of Marketing Nokia Indonesia, Lukman Susetio, mengatakan peluncuran Asha karena melihat potensi pasar yang bagus.

"Kami sudah luncurkan Asha sejak awal tahun ini, kemudian Nokia Asha Full Touch, Juli lalu. Yang menarik, daya tarik konsumen sangat bagus," kata Lukman di Jakarta, 25 September 2012.

Tapi Lukman tidak memaparkan detail pencapaian Nokia Asha sampai saat ini. "Yang jelas signifikan," ucapnya singkat.

Lukman memang mengakui bahwa perjalanan lini Nokia Lumia masih kalah dibandingkan dengan Nokia Asha. Nokia Asha yang baru dirilis juga mengakomodasi perangkat dual SIM card, mengingat pasar ini masih besar di Indonesia.

"Orang juga sudah bilang Asha sudah smartphone. Ini bisa push email, jejaring sosial, browsing, dan WhatsApps," ujarnya.

Untuk ke depan, Nokia akan mengembangkan layanan berbasis pencarian lokasi, yaitu Nokia Maps. Dengan demikian, Asha diplot memenuhi kebutuhan para pengguna yang ingin beralih pertama kali ke smartphone, sebelum pengguna memilih smartphone kategori kelas atas.

"Dengan seiring permintaan (Asha) yang besar, ini bisa menjadi smartphone pertama bagi mereka. Karena harga yang diinginkan kalangan ini antara Rp750 ribu sampai - Rp1,5 juta," ujarnya.

Sementara itu, EVP Nokia Mobile Phone, Timo Toikkanen mengatakan Nokia tetap menyasar semua pasar, mengingat karakteristik konsumer beragam. Untuk itu kategori produk yang diproduksi Nokia terdiri dari tiga, First, Feature dan Smart.

"Untuk kategori Smart, semua Nokia Asha di sini, baik software, hardware dan aplikasinya. Setelah Asha, kami melengkapi dengan lini Lumia," ujarnya.

Namun Timo menambahkan Nokia akan hadir dengan produk yang berbeda, ia menyebutkan produk Nokia berkategori smarter internet dan berbasis komputasi awan atau cloud, serta desain yang lebih baik dan lebih tipis.

Dalam kaitan ini, Nokia memperkenalkan dua layanan tambahan di platform Xpress Browser Internet, satu-satunya web browser berbasis cloud yang mendukung aplikasi seperti Nokia Life+ dan Nokia NearBy.

Nokia Maps di perangkat Asha bisa diunduh secara gratis. Nokia telah secara rutin memperbaharui peta secara berkelanjutan karena perubahan jalan atau pun tempat sangat dinamis. Nokia Asha juga mengakomodasi kebutuhan game kategori EA.

Nokia juga memastikan segera menghadirkan smartphone andalan, Nokia Lumia 920, ke Indonesia. Namun belum jelas kapan tepatnya akan hadir di Indonesia. (umi)

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta
Areum mantan member T-ara

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Kabar baik datang, Areum eks T-ARA dikabarkan telah sadar kembali setelah kejadian yang menghebohkan publik dan melakukan percobaan bunuh diri beberapa hari lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024