Pasangan Incumbent Menang Pilkada Kalimantan Barat

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pasangan incumbent Cornelis-Christiandy Sanjaya unggul dari pesaing beratnya, Morkes Effendi dan Burhanuddin A Rasyid, dalam perebutan kursi Gubernur Kalimantan Barat.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat pada pemilihan gubernur 2012, pasangan Cornelis - Christiandy Sanjaya memperoleh suara 1.225.185 atau 52,13 persen.

Sementara pasangan Morkes Effendi - Burhanuddin A Rasyid memperoleh 591.081 suara atau 25,15 persen, pasangan Armyn Ali Anyang - Fathan A Rasyid memperoleh suara 361.744 atau 15,39 persen, dan Tambul Husin - Barnabas Simin hanya memperolah 172.016. atau 7,32 persen.

Jumlah surat suara yang sah 2.350.026, dengan jumlah suara yang tidak sah 38.119. Jumlah partisipasi pemilih 2.388.145 atau 70,69 persen dari daftar pemilih tetap yang mencapai 3.377.997.
 
Pasangan nomor urut 1, Cornelis - Christiandy Sanjaya, memperoleh suara tertinggi di 10 Kab/Kota di Kalimantan Barat. Sementara nomor urut 2, pasangan Armyn Ali Anyang - Fathan A Rayid  tertinggi di Kota Pontianak.

Pasangan dengan nomor urut 3, Morkes Effendi - Burhanuddin A Rayid  tertinggi di Kabupaten  Sambas dan Kabupaten Kayong Utara. Dan nomor urut 4, pasangan Tambul Husin - Barnabas Simin  tertinggi di Kabupaten Kapuas Hulu.

Setelah rapat pleno rekapitulasi perolehan suara dan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2013-2018,  Jumat malam 28 September 2012, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, AR Muzammil, mempersilakan bagi pihak yang merasa berkeberatan untuk menggugat hasil keputusan tersebut.

"Kalau ada yang keberatan silakan. Sesuai ketentuan di Mahkamah Konstitusi (MK) itu selama 3 hari kerja setelah penetapan. Itu paling lambat. Berjalan lancar apa adanya," kata AR Muzammil, kepada VIVAnews.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mengerahkan sedikitnya 1.659 personel.  Ribuan personel dikerahkan untuk pengamanan pleno rekapitulasi perolehan suara dan penetapan calon gubernur terpilih.

"Itu sifatnya hanya pengamanan saja. Akan tetapi ya memang kamtibmas Kalbar aman terkendali saat ini," kata Kabib Humas Polda Kalbar, Ajun Komisaris Besar Mukson Munandar.

Seperti diketahui, ada  empat calon yang maju di Pilgub Kalbar  2012 ini, yakni pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya dicalonkan oleh koalisi PDI Perjuangan-Demokrat dan tiga partai politik. Pasangan Ali Anyang - Fathan A Rasyid dicalonkan koalisi PPP-Hanura-PBB.

Sedangkan pasangan Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid dijagokan oleh koalisi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional dan tiga partai politik. Sementara pasangan Tambul Husin -Barnabas Simin  dicalonkan oleh koalisi Gerindra dan 17 partai politik. (umi)

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024