VIDEO: Duar!! Petir Menyambar Mobil SUV

Mobil tersambar petir di jalanan Rusia
Sumber :
  • Daily Mail|YouTube

VIVAnews - Petang itu di Rusia, jalanan nampak normal, lalu lintas seperti biasa. Hanya sedikit basah akibat guyuran hujan.

Namun, tiba-tiba hal mengejutkan terjadi, langit seakan terbuka, menurunkan petir yang menyambar sebuah mobil SUV. Membuat pengemudi yang tak siap, terbelalak, tubuhnya bergetar, pastinya ia syok.

Untungnya, sang pengemudi selamat. Ia tak mengalami luka meski petir berkekuatan ribuat volt menyambar mobilnya. Ia masih sempat menjalankan kendaraannya beberapa detik, sebelum akhirnya berhenti.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Apa yang membuat pengemudi selamat dari sambaran petir dahsyat?

Mungkin, orang langsung mengasumsikan ban karet di kendaraan sebagai penyelamat. Namun, dalam kasus ini, prinsip Sangkar Faraday (Faraday Cage) yang lebih dominan bekerja.

Sangkar Faraday atau tameng Faraday adalah sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal. Kekuatan kilat akan menyebar ke permukaan, semetara bagian dalam terlindungi.

Prinsip yang sama juga melindungi penumpang dalam pesawat terbang, juga mirip dengan teknologi bagaimana microwave bekerja -- meski dalam alat itu, tameng bekerja sebaliknya, agar transmisi gelombang radio tak bisa lari dari microwave.

Jika petir menyambar seseorang secara langsung, akibatnya bisa sangat fatal. Minggu lalu, bocah 11 tahun tersambar petir di luar sekolahnya di tengah badai terburuk yang menyambar Inggris dalam 30 tahun.

Petugas penyelamat menemukan Joe Compton, bocah itu, dalam kondisi tak sadar, wajahnya terbenam dalam lumpur di luar  Dorcan Academy di Swindon, Wiltshire.

Murid kelas tujuh itu menderita luka bakar parah dan menderita serangan jantung akibat tersambar petir itu.

Sumber: Daily Mail

Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya
Polisi mendatangi lokasi kecelakaan. Foto ilustrasi.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Pemicu kecelakaan maut itu karena pengendara motor PCX berinisial RR terlalu mengambil jalur kanan sehingga melawann arah dengan pemotor lain. Tabrakan maut pun terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024