Gangguan Layanan BlackBerry, RIM Bisa Kena Sanksi

Blackberry
Sumber :
  • REUTERS/ Mukesh Gupta

VIVAnews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap mengevaluasi layanan Research in Motion pasca-gangguan layanan BlackBerry Messenger dua hari lalu. Gangguan tersebut merupakan yang ketiga kalinya
sepanjang tahun ini yang dialami pengguna BlackBerry.

Apakah gangguan yang terjadi berulangkali itu akan berdampak pada nasib RIM di Indonesia?

"Kami perlu lihat permasalahannya. Selama ini tahu dari media saja, kami akan evaluasi ada atau tidak pelanggaran yang dilakukan RIM berdasarkan
regulasi yang ada," kata Gatot Dewa S Broto, Kepala Pusat Infrmasi dan Humas Kementerian Kominfo, saat dihubungi VIVAnews, Jumat 5 Oktober 2012.

Ia memastikan bahwa Kominfo akan menindak tegas jika RIM terbukti melanggar peraturan. "Kalau operator jeblok saja kena sanksi, dan itu pernah terjadi. Makanya tolong jangan sampai terjadi gangguan jaringan," ujarnya

Kominfo juga mengatakan tidak akan memberikan keistimewaan bagi RIM atas beberapa permasalahan gangguan layanan. "Masak jeblok-jeblok terus dibiarkan saja. Untuk itu kami lihat apakah ada unsur kesengajaan atau pelanggaran yang ada, kalau dibiarkan pemerintah berarti memberikan privilege (keistimewaan) ke RIM," katanya.

Sejauh ini, Kominfo belum mendapatkan jawaban resmi atas gangguan layanan BBM dua hari lalu dari RIM. Dalam surat teguran yang dilayangkan Kominfo, RIM dimintai memberikan keterangan detail atas gangguan yang terjadi berulang kali.

Surat Kominfo tersebut juga meminta jaminan RIM agar gangguan serupa tidak akan terjadi di masa mendatang.

"Kami belum mengecek, surat RIM memang ditujukan langsung ke Menteri. Poin terakhir dari surat kami, berisi konsekuensi di masa mendatang jika ini terjadi lagi," kata Gatot. (eh)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024