Aksi Nekat Terjun dari Angkasa Cetak Rekor YouTube

Felix Baumgartner lompat dari kapsul di stratosfer
Sumber :
  • REUTERS/Red Bull Content Pool/Handout

VIVAnews - Felix Baumgartner berhasil memecahkan rekor kecepatan suara saat meluncur bebas dari jarak puluhan ribu meter di atas permukaan bumi. Tapi tak hanya itu, aksi Felix juga berhasil memecahkan rekor live streaming di internet.

Mengutip laman BBC, tercatat lebih dari 8 juta orang yang menatap lekat pada perangkat mereka untuk melihat aksi Felix di situs video-sharing YouTube. Ini merupakan angka tertinggi untuk live streaming di dalam sejarah internet, menurut Google Inggris Raya kepada BBC.

Juru bicara Google juga mengatakan jumlah penonton yang secara simultan melihat aksi Felix merupakan angka pengunjung tertinggi yang dicetak situs YouTube.

"Kami mengucapkan selamat kepada Felix Baumgartner dan segenap tim Red Bull Stratos atas suksesnya misi yang dijalankan, dan telah menciptakan live stream dengan angka pengunjung tertinggi yang secara serentak melihat situs YouTube," demikian pernyataan Google di blognya.

Sampai saat ini, belum diketahui berapa angka sebenarnya yang dicetak YouTube. Tapi sebagai perbandingan, angka penonton aksi Felix secara live stream melewati jumlah pengunjung yang mengakses live stream untuk hari pertama Olimpiade. Saat itu, tercatat angka 8,3 juta orang yang secara serentak di situs olahraga BBC.

Tak Ternilai

Peralatan teknologi lain yang digunakan dalam aksi nekat Felix adalah perlengkapan pengecek kondisi Felix yang dibuat Equivital. Perusahaan kecil di Inggris ini mencatat data mengenai detak jantung, pernafasan, temperatur kulit, dan tanda vital lain.

Equivital pun mengatakan ikut sertanya mereka dalam aksi Felix sebagai langkah besar. "Untuk perusahaan berukuran kecil, saat ini hanya terdiri dari 25 pegawai, berhasil menyediakan US Army dengan alat sistem monitor badan manusia," demikian pernyataan Equivital.

Para peneliti di Red Bull Stratos pun mengatakan aksi Felix menghasilkan data tak ternilai bagi pengembangan performa tinggi, sistem parasut di ketinggian tertentu, dan pengetahuan yang bisa memberikan informasi mengenai perkembangan ide baru dalam evakuasi darurat dari kendaraan seperti pesawat luar angkasa yang melewati stratosfer. (eh)

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024