Windows 8 Disebut Pengaruhi Pendapatan Intel

Intel Vacation
Sumber :
  • money.cnn.com

VIVAnews - Intel telah merilis laporan keuangan kuartal ketiga 2012. Berdasarkan rilis tertulis dari Intel, pada kuartal tersebut, perusahaan semikonduktor dunia itu mencatatkan pendapatan US$13,5 miliar.

Sementara itu, laba operasional tercatat US$3,8 miliar dan laba bersih mencapai US$3 miliar. Adapun keuntungan per saham tercatat sebesar US$0,58.

Sebenarnya, dari operasional, Intel meraup laba US$5,1 miliar. Namun, perolehan laba itu harus dikurangi untuk dividen sebesar US$1,1 miliar dan cadangan US$1,2 miliar

Mengutip Business Insider, pendapatan US$13,5 miliar tahun ini turun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai US$14,23 miliar. Tapi, angka itu melampaui prediksi analis yang menyebut angka US$13,23 miliar.

Keuntungan per saham Intel sebesar US$0,58 juga turun dari US$0,65 yang diperoleh tahun lalu. Tapi, Intel lagi-lagi berhasil melampaui prediksi analis yang menyebut laba per saham US$0,50.

"Hasil kuartal ketiga mencerminkan kelanjutan ekonomi yang sulit," kata Chief Executive Officer (CEO) Intel, Paul Otellini, dalam keterangan tertulisnya itu.

Namun, Otellini mengaku senang dengan kemajuan dalam bisnis ultrabook dan tablet. Intel pun optimistis terhadap banyaknya tablet berbasis Intel yang akan menyerbu pasar.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Pengaruh Windows 8

Sementara itu, Country Manager Intel Indonesia, Santosh Viswanathan, menjelaskan bahwa  penurunan pendapatan Intel terjadi karena faktor eksternal, dan juga dialami di beberapa negara. "Karena kondisi makro ekonomi di negara-negara seperti China dan Eropa. Pasar PC global juga turun," ucap Santosh, Rabu 17 Oktober 2012.

Faktor lain, menurut dia, adalah belum beredarnya perangkat dengan chip Intel yang menggunakan sistem operasi Windows 8 di pasar. "Konsumen saat ini menunggu kedatangan Windows 8," kata Santosh. (art)

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024