Pelajar SMK Berlomba Pamer Sepeda Listrik

Sepeda Listrik
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Setelah demam mobil listrik, kini PT PLN mulai serius menggeber kendaraan berbasis listrik, sepeda listrik dengan menjalin kalangan pelajar. Dan ternyata tangan-tangan terampil siswa sekolah menengah kejuruan menyambut gembira ujicoba kreativitas tersebut.

Keempat SMK yang mampu membuat sepeda listrik yaitu SMK Negeri 1 Jakarta, SMK Negeri 5 Jakarta, SMK Negeri 26 Jakarta dan SMK Bunda Kandung Jakarta. Keempat sekolah tersebut mempunyai sepeda andalan masing-masing.

Meski waktu perlombaan hanya kurang dari 3 bulan, siswa-siswa di sekolah tersebut mampu melahirkan kreativitas.

Empat sepeda listrik tersebut telah diujicobakan kepada publik dengan mengelilingi area luar Stadion Gelora Bung Karno sebanyak lima putaran. Ujicoba ini untuk melihat kemampuan baterai, teknikĀ  motor penggerak dan efisiensinya.

"Yang akan diuji yaitu dari sisi desain dan performa, termasuk akselerasinya selama beberapa putaran dan kita catat waktunya," ujar Dasep Ahmadi, salah satu juri perlombaan di area Gelora Bung Karno, Selasa 23 Oktober 2012.

Saat ujicoba berjalan, semua sepeda listrik telah di-charge penuh. Untuk memulai ujicoba semuanya menggunakan tenaga pedal sebagai pemicu laju, meskipun bisa langsung menggunakan gas. Pacuan pedal, pun juga memberikan tambahan tenaga. Meski semua sepeda listrik ini masih sangat sederhana namun sudah mampu melaju dengan cepat.

"Dari 5 putaran tercatat jarak yang kita tempuh 6,7 km dan sepeda kami mampu menghasilkan kecepatan maksimal 39,3 Km/jam," kata Fajar Rizky, siswa Kelas XII SMKN 26 Jakarta saat mengevaluasi sepeda listrik kelompoknya. Sepeda listrik SMKN 26 memang dilengkapi dengan panel spidometer serta panel pengukur kecepatan digital layaknya sepeda motor.

Meski dalam waktu singkat, siswa SMK telah mampu membuat sepeda alternatif nol emisi. Dari keempat sepeda tersebut, ketiganya menggunakan tenaga gas dan pedal sementara satu sepeda hanya menggunakan tenaga pedal tanpa gas.

Hasil ujicoba keempat sepeda listrik tersebut, akan diumumkan pada puncak peringatan hari listrik pada 29 Oktober. Pemenang akan dijadikan Duta Sepeda Ramah Lingkungan dan Hemat Energi. (umi)

Resmi Tutup Bimtek PPIH, Menag Yaqut Tegaskan Komitmen Petugas Haji Layani Lansia dan Disabilitas
Prabowo Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Prabowo menegaskan, pemberian lukisan dari SBY itu merupakan suatu kehormatan yang luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024