Ban Ki-moon Tantang Felix Terjun dari Atap Markas PBB

Felix Baumgartner bertemu Sekjen PBB, Ban Ki-moon.
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Setelah membuat dunia terpana melihat aksi terjun bebas dari ketinggian 39.068 meter, memecah rekor ketinggian lompatan yang dilakukan manusia dan melampai kecepatan suara, pada Selasa 23 Oktober 2012 kemarin, Felix Baumgartner bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon.

Dalam pertemuan itu, Ban menanyakan, apakah Baumgartner bisa melompat dari atas gedung markas PBB. Lalu, lelaki pemberani itu menjawab, "dengan izinmu, tentu saja," kata Felix. Namun, buru-buru ia menambahkan, "tapi sekarang saya sudah pensiun dari bisnis menantang maut."

Ban juga mengatakan, seumur hidupnya belum pernah melakukan skydiving alias terjun bebas dari ketinggian ekstrem.

Mendengar curhat itu, Felix bereaksi, "ini kesempatan Anda, saya akan mengajari Anda terjun bebas."

Sekjen PBB rupanya tak antusias dengan tawaran Felix. Namun, ia memuji keberanian Felix yang menorehkan catatan "gila" dan berani mati sepanjang karirnya. Termasuk terjun dari Menara Petronas Malaysia. Ban menyebut pria Austria itu sebagai "manusia paling berani di dunia."

Lompatan monumental Felix dari lapisan stratosfer dilakukan pada Minggu 14 Oktober 2012. Selama 4 menit 20 detik lelaki pemberani asal Austria itu terjun bebas dengan kecepatan 1.342,8 kilometer per jam.

Lompatan yang liar, dengan posisi terguling tak terkendali di lapisan tipis stratosfer. Posisi yang sungguh berbahaya, bisa merusak mata, otak, juga sistem kardiovaskular. Saat itu ia sedang bertaruh nyawa.

Namun usahanya berakhir manis saat ia berhasil mendarat dalam kondisi selamat. Tiga rekor ia pecahkan sekaligus yaitu terjun bebas tertinggi di dunia (39.045 meter), terjun bebas tertinggi tanpa parasut (36.529 meter) dan kecepatan tertinggi selama terjun bebas (1.342 km/jam). Menjadi manusia pertama yang melebihi kecepatan suara tanpa bantuan alat.

Gangnam Style

Selain bertemu Felix, Ban Ki-moon juga bertemu dengan penyanyi tenar asal Korea Selatan, Psy. Yang lagunya "Gangnam Style" menggegerkan dunia.

"Aku sedikit iri," kata Ban pada para wartawan. "Hingga dua hari lalu orang-orang berkata aku adalah orang Korea paling terkenal di dunia, sekarang aku harus melepas predikat itu."

Ban memuji keberhasilan Psy dan mengatakan musik punya peran teramat penting. "Anda sangat keren. Saya harap Anda bisa membantu mengakhiri pemanasan global," kata Ban.

Psy pun tak ketinggalan melakoni tarian ala "Gangnam Style"-nya yang mendunia. Mengajak Ban untuk ikut serta.

Namun, Sang Sekjen PBB menolaknya, ia tak sia-sia. "Saya tahu Anda berada di sini untuk melihat saya menari, tapi aku bahkan tidak bisa meniru gerakan Anda," kata Ban. (Reuters, FoxNews | umi)

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni
Eks Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama

Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

Eks Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama turut menyoroti putusan MK yang menolak seluruh permohonan perkara PHPU dari Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud MD.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024