Intel Buka Lowongan CEO Pengganti Otellini

Intel Vacation
Sumber :
  • money.cnn.com

VIVAnews - Setelah 40 tahun mengabdi, Presiden dan CEO Intel, Paul Otellini segera memasuki masa pensiun. Intel pun mengumumkan kalau Otellini akan pensiun bulan Mei mendatang.

Dengan demikian, Intel kini memasuki masa "transisi kepemimpinan" dalam enam bulan mendatang. Otellini akan mengundurkan diri dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada Mei mendatang.

"Saya telah diberi keistimewaan untuk memimpin salah satu perusahaan terbesar di dunia," ucap Otellini, dilansir dari TechRadar. "Setelah hampir empat dekade bersama perusahaan, dan delapan tahun sebagai CEO, ini saatnya untuk melangkah maju dan menyerahkan 'helm' di Intel kepada generasi kepemimpinan terbaru," lanjutnya.

Dengan demikian, Intel pun membuka lowongan CEO baru untuk gantikan Otellini. Intel memiliki waktu enam bulan untuk melakukan seleksi dari sejumlah variasi kandidat, baik dari internal atau eksternal perusahaan.

Hingga saat ini, Intel baru memiliki lima CEO sejak berdiri 45 tahun lalu. Otellini merupakan CEO kelima.

Transisi ke Mobile


Sejak ditunjuk jadi CEO pada awal 2005, dilansir dari TechRadar, Otellini berhasil membawa Intel mengumpulkan US$105 miliar dari operasionalnya. Intel pun meningkatkan rekor pendapatan dari US$38,8 miliar menjadi US$54 miliar di akhir 2011.

Selain itu, Otelinni dianggap berjasa dalam misi Intel untuk 'reinventing PC', berkat sejumlah perangkat Ultrabook. Meski begitu, Intel masih memiliki ambisi untuk transisi ke mobile. Semua upaya ini sempat membuat Intel kesulitan.

"Otellini memimpin perusahaan melalui masa penuh tantangan dan transisi pasar." ujar Kepala Dewan Direksi Intel, Andy Bryant. "Dewan berterima kasih atas kontribusi tak terhingga kepada perusahaan dan perannya sebagai CEO selama delapan tahun terakhir," kata Bryant.

Dalam kesempatan ini, Dewan Direksi Intel juga mengumumkan promosi jabatan untuk tiga pimpinan senior yang kini menjabat Executive Vice President. Di antaranya adalah Renne James dari divisi software, Brian Krzanich dari manufaktur, dan Direktur Strategi Korporasi, Stacy Smith. (umi)

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024