Hujan Meteor Quadrantid Pekan Ini Sinari Langit

Hujan meteor Leonid 2012
Sumber :

VIVAnews - Hujan meteor akan menyinari langit pada minggu pertama di awal tahun ini. Diperkirakan hujan meteor ini akan terjadi pada Kamis, 3 Januari 2013 dini hari.

Hujan meteor Quadrantid merupakan hujan meteor tahunan yang terjadi pada setiap bulan Januari. Para ahli astronomi dan astrologi memprediksikan bahwa hujan meteor kali ini akan lebih spektakuler dari tahun 2012.

Dilansir dari Space.com, Pejabat Teleskop Luar Angkasa Hubble menjelaskan bahwa akan ada 40 meteor yang turun setiap jam, namun pantulan cahaya bulan akan membuat hujan itu terlihat samar-samar.

Menurut pernyataan dari Ilmuwan di Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), meteor Quadrantid adalah sisa puing-puing dari asteroid 2003 EH1 yang pertama kali diobservasi pada tahun 1825.

Hujan meteor Quadrantids terjadi ketika puing-puing dari komet menghantam atmosfer dengan kecepatan 90.000 km/jam dan terbakar sebelum sampai kebumi, yang kemudian dinamakan hujan meteor.

Hujan meteor akan terjadi pada rasi Quadrans Muralis yang terletak di antara rasi bintang Bootes dan Draco. Quadrans Muralis pertama kali ditemukan pada tahun 1795 oleh astronom asal Perancis, Jerome Lalade.

NASA Space Flight di Hunsville, Alabama, memiliki kamera untuk merekam hujan meteor di langit dan akan menyiarkannya secara streaming. Jika Anda tertarik untuk menyaksikan hujan meteor ini, NASA menyediakan streaming video gratis pada 2 sampai 4 Januari 2012. (adi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024