TEKNOLOGI

Selamat Jalan, Stewie!

Diserang kanker, kucing terpanjang ini menghembuskan napas terakhir.

ddd
Kamis, 7 Februari 2013, 16:14 Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
Stewie, kucing terpanjang di dunia
Stewie, kucing terpanjang di dunia (washingtonpost.com)
VIVAnews - Robin Hendrickson harus merasakan pilu ketika kucing kesayangannya, Stewie, pergi untuk selama-lamanya. Sangat maklum, mengingat Stewie adalah hewan kesayangan Robin, dan juga pemegang rekor kucing terpanjang di dunia.

Kucing bernama lengkap Mymains Stewart Gilligan ini memiliki panjang 1,23 meter, dihitung dari ujung kepala sampai ekor. Namun, sayang, Stewie tidak jadi pemegang rekor lagi. Bukan karena ada yang lebih panjang, tapi ia mati karena mengidap penyakit kanker selama setahun.

Sekitar awal pekan, Stewie meninggalkan Robin ketika usianya menginjak 8 tahun. Kesedihan tidak hanya dirasakan sang pemilik. Laman Huffington Post melaporkan, ratusan penggemar turut berbelasungkawa di laman Facebook Stewie.

Memang, Stewie cukup populer di kalangan pencinta kucing. Kucing jenis Maine Coon tersebut merupakan hewan terapi tersertifikasi, yang sering mengunjungi sebuah pusat pemerhati hewan peliharaan di Kota Reno, Utara Nevada, dan membantu mempromosikan penyadaran kesejahteraan hewan dengan Nevada Humane Society.

"Stewie sangat sosial. Ia suka bertemu orang-orang baru, dan telah menyentuh kehidupan orang banyak. Aku sangat bersyukur pernah hidup bersama dengannya," kata Hendrickson, pemelihara Stewie.

Sang pemilik membelinya dari seorang peternak di Hermiston, Oregon, Pacific Northwest, Amerika Serikat pada 2005.

Guinness World Records menyatakan Stewie memegang rekor sebagai kucing terpanjang sejak Agustus 2010.

Pada awal 2012, Stewie didiagnosis terkena Lymphosarcoma, penyakit ganas jaringan getah bening pada mamalia. Hendrickson mengatakan, Stewie sempat bertahan mengatasi penyakit ini dengan kemoterapi, dan dinyatakan bebas kanker.

Namun, tidak lama kemudian, dokter menemukan sebuah tumor lain, lebih agresif pada ginjalnya.

"Aku tahu, bahwa meskipun dia bisa melawannya, akhir hidupnya sudah dekat. Saya hanya ingin membuat dia nyaman, dan biarkan dia menikmati waktu yang dia miliki," tutur Hendrickson.



Setelah kematian Stewie, Guinness World Records belum menanggapi siapa pewaris rekor Stewie.

Pemegang rekor sebelumnya adalah Leo. Kucing jenis Maine Coon yang memiliki panjang 48 inci (1,2 meter). Namun, Leo pun telah mati beberapa tahun lalu. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com