Undur Diri, Paus Jadi Buah Bibir di Twitter

Perayaan Misa Natal di Vatikan
Sumber :
  • Reuters/Max Rossi

VIVAnews - Paus Benediktus XVI baru saja mengeluarkan pernyataan resmi terkait sebagai pemimpin umat Katolik sedunia dan pemimpin Tahta Suci Vatikan.

Dilansir kantor beruta Reuters, 11 Februari 2013, langkah itu ditempuh Paus karena merasa tak cukup kuat untuk mengemban tugasnya lagi.

Pernyataan itu langsung menempatkan Paus sebagai topik yang hangat dibicarakan di Twitter, atau dikenal dengan istilah trending topic, dalam waktu kurang dari empat jam.

Di Indonesia, topik 'Pope Benedict XVI' menjadi topik terpopuler kedua setelah #JustinIsTheBestIdolInTheWorld, topik paling populer yang digalang oleh para fans artis pop remaja Justin Bieber.

Trending topic ditentukan oleh jumlah tweet yang lalu-lalang di Twitter dengan menyebut 'Pope Benedict XVI' dalam posting-nya. Artinya, ada ribuan bahkan jutaan orang di Indonesia yang tengah membicarakan kemunduran Paus saat ini.

Sejumlah tweeps, atau pengguna Twitter, bertanya-tanya siapakah yang layak menggantikan Paus Benedict XVI. Hal itu nampak dari beberapa kicauan yang dipantau VIVAnews di Twitter, seperti:

"I wonder who will be the next Pope," tulis akun @fullertonsancho, yang bernama lengkap Chris Sancho Sanchez.

"Here's hoping for a new Pope with more love in his heart," ketik akun lain bernama @ARForEquality.

Namun, meski bertengger sebagai trending topic di Twitter Indonesia, cukup sulit menemukan "kicauan" dalam Bahasa Indonesia. Hanya ada beberapa, salah satunya:

"#PausBenedict termasuk pastor kolot, anti imam perempuan, homoseksualitas, terus dukung selibat utk pastor Katholik," ujar @andreasharsono dalam kicauannya.

Kalau diamati, sebagian besar tweet sebatas berisi tentang berita atau informasi terkait pengunduran diri Paus Benedict XVI. Beberapa di antaranya mendoakan agar Paus tetap baik-baik saja, dan ada pula yang mengutarakan kesedihan atas mundurnya Paus.

"Sad. Pope Benedict is resigning on Feb 28. His writings were enlightening and a great inspiration to many... Thank you Pope Benedict XVI," tulis seorang pemilik akun @karadavid.

Kendati hanya berbagi informasi atau tautan berita, popularitas Paus Benedict XVI di Twitter tetap terdongkrak.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Paus Benediktus rencananya akan mundur secara resmi pada 28 Februari 2013 mendatang. Ia baru akan meninggalkan jabatannya setelah penerus selanjutnya terpilih.  Paus Benediktus terpilih menjadi Paus pada 19 April 2005. Saat itu usianya masih 78 tahun atau 20 tahun lebih tua dibandingkan John Paul.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024