Polusi Sebabkan Kemaluan Berang-berang Mengecil?

Berang-berang
Sumber :
  • grist.org

VIVAnews - Polusi atau pencemaran lingkungan terjadi begitu cepat tak terkendali. Beban pencemaran juga semakin parah akibat limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat.

Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa polusi bahan-bahan kimia telah menyebabkan kelainan organ reproduksi pada berang-berang jantan.

Menurut laporan dari BBC Nature, 28 Februari 2013, para peneliti terkejut dengan penurunan ukuran tulang kemaluan berang-berang jantan yang tinggal di sungai-sungai wilayah Inggris dan Wales.

"Ini sesuatu yang perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Dr Elizabeth Chadwick, manajer proyek berang-berang di Cardiff University.

Sejak tahun 1970-an, populasi berang-berang di Inggris terus anjlok. Penurunan ini disebabkan pencemaran Persistent Organic Pollutants (POPs) tingkat tinggi di sungai. Namun, sejak kandungan pestisida organochlorine dilarang di Inggris, populasi berang-berang meningkat lagi.

Para peneliti lantas meneliti ratusan berang-berang yang mati di laboratorium, dan menguji apakah pencemaran POPs berpengaruh pada kesehatan hewan tersebut.

Hasilnya, para peneliti tidak menemukan antara kandungan bahan kimia di sungai dengan menyusutnya tulang kemaluan berang-berang dari waktu ke waktu.

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Namun, ada laporan yang berspekulasi, bahwa pencemaran dari bahan kimia bisa menyebabkan kelainan pada organ reproduksi.

"Kami sedang mencari penjelasan dan memberikan kesimpulan mengenai kemungkinan bahan kimia Endocrine Disrupting Chemicals (EDCs) menyebabkan tulang 'penis' berubah," kata Chadwick.

Menurut World Health Organisation (WHO), EDC adalah bahan kimia sintetis yang dapat mempengaruhi sistem hormon hewan.

Laporan ini langsung menuai keprihatinan dari berbagai badan lingkungan hidup di Inggris. "Berang-berang adalah salah satu predator puncak di kawasan sungai di Inggris, sehingga penting di dalam ekosistem lingkungan sungai," kata Anna Jones, peneliti dari Chemicals, Health and Environment (CHEM).

Dia mengatakan, kesehatan berang-berang bisa menjadi indikator kesehatan lingkungan tempat mereka tinggal, salah satunya adalah kesehatan ikan.

"Selain itu, masalah penurunan ukuran kelamin pada berang-berang bisa menjadi peringatan bagi mamalia lain, termasuk manusia!" kata Chadwick. (eh)

Bali United vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bali United dan Dewa United berhasil meraih poin sempurna dalam lanjutan Liga 1 pada Sabtu malam ini, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024